Saputri, Cyndi Yanis (2022) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe circ (cooperative integrated reading and composition) dengan strategi metakognitif terhadap kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar siswa / Cyndi Yanis Saputri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pesatnya perkembangan sains dan teknologi dalam menghadapi era tantangan global abad ke-21 mendorong siswa memiliki berbagai kemampuan untuk bersaing salah satunya ialah kemampuan literasi sains. Kemampuan literasi sains dapat tercapai jika siswa mampu menerapkan konsep sains serta keterampilan proses berpikir sains dalam menyelesaikan masalah keseharian. Kemampuan literasi sains siswa Indonesia berdasarkan penilaian PISA berada pada peringkat 70 dari 78 negara. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa Indonesia ialah siswa tidak terbiasa dilibatkan dalam soal pemecahan masalah seperti yang sering disajikan dalam literasi sains. Selain itu pembelajaran yang masih berpusat pada guru juga berdampak pada rendahnya kemandirian belajar siswa. Oleh karena itu perlu dilakukannya inovasi pembelajaran berupa model pembelajaran maupun strategi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan strategi metakognitif terhadap kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Adapun desain yang digunakan adalah Post-test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling dengan metode Convenience Sampling. Sampel penelitian dilakukan pada 67 siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Wonoayu. Pada saat pelaksanaan pembelajaran di kelas sintaks dari model pembelajaran CIRC dengan sintaks dari strategi metakognitif harus mendukung dari indikator kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar sebagai hal yang ingin diketahui pengaruhnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes tertulis (posttest) berorientasi literasi sains dalam bentuk tes uraian LKPD berorientasi literasi sains RPP lembar angket validasi isi dan konstruk lembar angket observasi aktivitas siswa dan lembar keterlaksanaan model pembelajaran. Sebelum instrumen diberikan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data kemampuan awal yaitu menggunakan uji normalitas dan uji Independent Sample T Test. Sedangkan teknik analisis data sesudah penelitian menggunakan uji normalitas uji independent sample t test dan uji paired sample t test dengan berbantuan SPSS. Berdasarkan hasil uji validasi ahli instrumen soal post test berorientasi literasi sains diperoleh sebesar 87 5% dengan kategori sangat layak instrumen rencana pelaksanaan pembelajaran kelas kontrol diperoleh sebesar 97 21% sedangkan kelas eksperimen diperoleh sebesar 98 21% dengan kategori sangat layak instrumen lembar kerja peserta didik kelas kontrol diperoleh sebesar 90 62% sedangkan kelas eksperimen diperoleh sebesar 92 64% dengan kategori sangat layak. Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai korelasi sebesar 0.703 dengan koefisien korelasi tinggi. Data hasil penilaian guru kimia keterlaksanaan pembelajaran kelas kontrol memperoleh presentase 88 09% sedangkan kelas eksperimen memperoleh presentase 90 90% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis deskriptif kecenderungan kemandirian belajar siswa kelas kontrol berada pada kategori sangat rendah hingga sedang sedangkan kecenderungan kemandirian belajar siswa kelas eksperimen berada pada kategori sangat tinggi. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan strategi metakognitif memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan literasi sains siswa berdasarkan rata-rata nilai posttest dan hasil uji Independent ndash Sample T Test nya. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Peningkatan tersebut secara signifikan berdasarkan rata-rata nilai kemampuan awalnya kurangdari nilai rata-rata posttestnya dan berdasarkan hasil uji Paired Sample T Test nya. Pada kelas kontrol kemampuan literasi sains siswa juga mengalami peningkatan namun peningkatan tersebut tidak secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |