Pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif dikombinasikan dengan pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan literasi sains dan strategi belajar siswa pada materi laju reaksi / Hilda Rizky Akmalia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif dikombinasikan dengan pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan literasi sains dan strategi belajar siswa pada materi laju reaksi / Hilda Rizky Akmalia</p>

Akmalia, Hilda Rizky (2022) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif dikombinasikan dengan pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan literasi sains dan strategi belajar siswa pada materi laju reaksi / Hilda Rizky Akmalia</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan literasi sains sangat diperlukan pada abad ke-21. Data PISA tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa Indonesia berada pada peringkat ke-74 dari 79 negara. Salah satu strategi pembelajaran yang berpotensi meningkatkan kemampuan literasi sains siswa adalah strategi pembelajaran metakognitif. Selain berpotensi untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa strategi metakognitif juga diketahui memberikan dampak positif terhadap strategi belajar siswa. Penerapan strategi metakognitif masih sering dilakukan dengan metode pembelajaran tradisional. Memasuki era disrupsi pembelajaran perlu mengintegrasikan penggunaan teknologi di dalamnya. Salah satu pembelajaran yang mengintegrasikan kegiatan belajar tatap muka dan penggunaan teknologi adalah pembelajaran flipped classroom. Pembelajaran flipped classroom diketahui dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMA Tulangan pada pembelajaran materi laju reaksi. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan jenis pretest-posttest control group design. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan strategi metakognitif PDCA (preparing doing checking assessing amp following-up) dikombinasikan dengan pembelajaran flipped classroom sementara kelas kontrol dibelajarkan dengan strategi ekspositori. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen soal literasi sains dengan reliabilitas tinggi (alpha 0 828) dan angket Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif statistik yang mencakup uji beda uji korelasi antar-variabel perhitungan d-effect size Cohen dan perhitungan N-Gain. Simpulan yang diperoleh yaitu (1) Strategi pembelajaran metakognitif yang dikombinasikan dengan pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi laju reaksi secara lebih efektif dibandingkan dengan strategi ekspositori (2) Strategi pembelajaran metakognitif dikombinasikan dengan pembelajaran flipped classroom mendorong siswa untuk menerapkan bebeberapa jenis strategi belajar dengan baik (3) Strategi belajar latihan elaborasi organisasi berpikir kritis regulasi metakognitif dan manajemen upaya yang menjadi prediktor penting kemampuan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322967

Actions (login required)

View Item View Item