Agustina, Nur Indah (2022) Inovasi PRA-LAB terintegrasi real lab berbasis <em>gamification</em> dan visualisasi SUB-mikroskopik guna meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa baru kimia pada praktikum kimia dasar I / Nur Indah Agustina</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Praktikum Kimia Dasar I menjadi fondasi bagi mahasiswa baru sebelum melaksanakankegiatan praktikum selanjutnya. Salah satu topik penting yang fundamental dalam praktikum kimiadasar I adalah topik pereaksi pembatas yang memuat 3 level representasi kimia (makroskopik sub-mikroskopik dan simbolik). Selain itu kegiatan praktikum kimia dasar I berperan penting dalammembentuk kemampuan dasar praktikum yang sama untuk seluruh mahasiswa baru. Namunfaktanya input mahasiswa baru yang diperoleh oleh perguruan tinggi sangat beragam artinya tidaksemua mahasiswa baru memiliki skill atau keterampilan proses dalam melaksanakan praktikumkimia yang sama. Hal ini dipengaruhi oleh keberagaman kurikulum praktikum kimia saatSMA/SMK/sederajat dan keterabatasan media yang selama ini digunakan.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Chemistry Gamification Laboratory(CG-Lab) yang valid dan layak serta efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswabaru kimia angkatan 2022 di Universitas Negeri Malang. Bentuk penelitian ini adalah penelitianpengembangan menggunakan model lee and owens (2004) dilanjutkan dengan penelitianeksperimen menggunakan metode quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan yaitunonequivalent control group design dengan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan instrument soal prates serta postes yang dianalisis secara statistik menggunakan SPSS 16.Inovasi media Chemistry Gamification Laboratory (CG-Lab) dengan spsifikasi produkmedia terdiri dari akun dosen dan mahasiswa yang terdiri dari fitur profil pengaturan virtual labyang dilengkapi visualisasi sub-mirkoskopik prates postes glosarium kuis berbasis game (quiziz) rekapitulasi update nilai materi vidio pembelajaran tambahan konsultasi kelas pengumpulantugas laporan dan pengisian hasil pengamatan yang dapat diakses menggunakan android non iOS yang telah diperoleh hasil yang valid dan layak dibuktikan dengan hasil validasi (a) ahli materisebesar 85 71% (b) ahli media sebesar 93 16% (c) praktikabilitas media oleh 27 mahasiswa kimiaangkatan 2021 sebesar 95 36% (d) praktikabilitas media oleh dua dosen pengampu mata kuliahkimia dasar I sebesar 94 10%. Implementasi inovasi media ini teruji efektif dalam meningkatkankemampuan kognitif mahasiswa baru kimia yang dibuktikan dengan diterimanya (h0) dan diterianya(h1) yang dirincikan dari hasil uji N-gain yang diperoleh nilai kelas kontrol sebesar 0 10 yang berartitermasuk ke dalam kategori rendah dan nilai kelas eksperimen sebesar 0 77 yang berarti masuk kedalam kategori tinggi serta Uji d-effect size menunjukkan bahwa inovasi media ini memilikikeberdampakan dalam meingkatkan kemampuan kognitif kelas eksperimen ditunjukkan denganhasil nilai uji sebesar 0 39 (kelas kontrol) yang berarti lebih kecil dari biasanya dan 3 04 (kelaseksperimen) yang berarti lebih besar dari biasanya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |