Pengembangan instrumen tes higher-order thinking skills (hots) berkontekskan sosioscientific issue (SSI) pada materi larutan dan penerapannya pada siswa SMA se-Jawa Timur / Ervita Eka Rosawati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen tes higher-order thinking skills (hots) berkontekskan sosioscientific issue (SSI) pada materi larutan dan penerapannya pada siswa SMA se-Jawa Timur / Ervita Eka Rosawati</p>

Rosawati, Ervita Eka (2022) Pengembangan instrumen tes higher-order thinking skills (hots) berkontekskan sosioscientific issue (SSI) pada materi larutan dan penerapannya pada siswa SMA se-Jawa Timur / Ervita Eka Rosawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai upaya menjawab tantangan global Kurikulum 2013 diarahkan agar siswa memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi sehingga proses pembelajaran ditujukan untuk memfasilitasi siswa agar dapat melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Faktanya kemampuan siswa Indonesia pada literasi matematika dan sains masih rendah. Salah satu penyebab hal tersebut adalah kurangnya penggunaan soal-soal HOTS dalam instrumen penilaian hasil belajar siswa. Kebanyakan instrumen tes yang digunakan tidak menggunakan literasi dan konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Akibatnya siswa menganggap bahwa pengetahuan khususnya pada materi kimia yang mereka pelajari di kelas terisolasi dari kehidupan sehari-hari dan tampak tidak berhubungan dan berguna dalam aktivitas mereka. Materi kimia yang masih dianggap sulit oleh siswa dan memiliki hasil belajar rendah adalah larutan penyangga titrasi asam serta koloid. Kurangnya relevansi soal pada instrumen penilaian dengan kehidupan sehari-hari tentu menyebabkan siswa kurang terlatih dalam berpikir tingkat tinggi. Oleh sebab itu diperlukan suatu upaya pengembangan instrumen tes keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berkorelasi dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian-penelitian sebelumnya banyak mengonfirmasi bahwa penggunaan konteks socioscientific issues (SSI) dalam pembelajaran di kelas dapat memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Namun penelitian pengembangan dan penggunaan instrumen tes untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan berkontekskan socioscientific issue masih jarang ditemukan. Padahal penilaian dalam pendidikan berpengaruh besar terhadap pembelajaran termasuk bagaimana guru merencanakan konten dan konteks pembelajaran. Melalui instrumen penilaian yang memuat soal-soal HOTS siswa akan memiliki kesempatan lebih besar untuk terbiasa berpikir tingkat tinggi apalagi jika didukung dengan penggunaan konteks SSI yang dapat menjadi penghubung antara masalah di dunia nyata dengan konten atau materi sains yang dipelajari oleh siswa. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan instrumen tes Higher-Order Thinking Skills (HOTS) berkontekskan Sosioscientific Issue (SSI) pada materi larutan dan (2) mengimplementasikan instrumen tes Higher-Order Thinking Skills (HOTS) berkontekskan Sosioscientific Issue (SSI) pada materi larutan kepada siswa SMA se-Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R amp D) dengan menggunakan model Borg and Gall yang terdiri atas (1) pencarian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) validasi ahli (5) revisi I (6) uji coba skala terbatas (7) revisi II (8) uji coba skala luas (9) revisi akhir dan (10) diseminasi dan implementasi. Sampel implementasi pengembangan tes HOTS berkontekskan SSI yaitu siswa SMA kelas XII di 12 Sekolah Menengah Atas Negeri yang tersebar di 7 kabupaten dan 4 kota di Jawa Timur dengan total partisipan pada uji coba skala terbatas sebanyak 70 siswa uji coba skala luas sebanyak 181 siswa dan implementasi sebanyak 432 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan data yaitu convenience sampling dimana sampel penelitian ditentukan berdasarkan kemudahan akses peneliti dan kesediaan subjek penelitian. Hasil pengembangan instrumen tes HOTS berkontekskan SSI berupa 35 soal pilihan ganda dan 5 soal essay dengan 9 konteks SSI. Uji keterbacaan instrumen tes HOTS berkontekskan SSI memperoleh skor rata-rata 79 52% yang berarti instrumen tes berada dalam kriteria baik. Uji validitas isi yang dilakukan oleh 4 validator memperoleh skor 83 91% dengan kriteria sangat valid. Uji coba skala terbatas dilakukan terhadap 70 siswa SMA kelas XII MIPA di Jawa Timur sedangkan uji coba skala luas dilakukan terhadap 181 siswa SMA kelas XII MIPA di Jawa Timur. Hasil uji validitas butir soal pada uji coba skala terbatas menunjukkan 31 soal dinyatakan valid dan 9 soal tidak valid. Uji validitas butir soal pada uji coba skala luas menunjukkan 38 soal dinyatakan valid dan 2 soal tidak valid. Reliabilitas Cronbach rsquo s Alpha yang diperoleh pada uji coba skala terbatas adalah 0 865 (sangat tinggi) dan pada uji coba skala luas diperoleh reliabilitas Cronbach rsquo s Alpha 0 824 (sangat tinggi). Pada uji coba skala terbatas sebanyak 22 soal memiliki daya beda pada kriteria cukup 15 soal dengan kriteria baik dan 3 soal dengan kriteria baik sekali. Pada uji coba skala luas didapatkan 26 soal berkriteria cukup 13 soal berkriteria baik dan 1 soal berkriteria sangat baik. Analisis indeks tingkat kesukaran soal pada uji coba skala terbatas menunjukkan sebanyak 22 soal merupakan soal yang sukar dan sebanyak 18 soal merupakan soal yang sedang. Pada uji coba skala luas 12 soal smerupakan soal yang sukar dan 28 soal dalam kaetgori sedang. Implementasi instrumen tes HOTS berkontekskan Socioscientific Issues (SSI) dilakukan terhadap 432 siswa SMA se-Jawa Timur. Berdasarkan hasil analisis data penelitian rata-rata skor HOTS siswa yaitu 37 90 yang menunjukkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMA di Jawa Timur tergolong kurang/rendah. Sejumlah 1 39% (6 siswa) memperoleh skor dengan kategori sangat baik 4 17% (18 siswa) memperoleh skor kategori baik 34 72% (150 siswa) memperoleh skor kategori cukup 53 01% (229 siswa) memperoleh skor kategori kurang dan sebanyak 6 71% (29 siswa) memperoleh skor dengan kategori sangat kurang. Berdasarkan proses penelitian dan pengembangan yang dilakukan disimpulkan bahwa instrumen tes Higher-Order Thinking Skills (HOTS) berkontekskan Socioscientific issues (SSI) pada materi larutan penyangga titrasi asam-basa dan koloid dinyatakan valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322959

Actions (login required)

View Item View Item