Basuki, Berlian Belia (2022) Analisis berpikir kritis siswa Kelas XI SMA Sidoarjo pada materi laju reaksi / Berlian Belia Basuki</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berpikir reflektif yang dimana masuk akal dan fokus pada pembuatan keputusan mengenai apa yang harus diyakini sehingga tau apa yang harus dilakukan selanjutnya dikenal sebagai berpikir kritis. Keterampilan kognitif yang mencakup adalah memberikan penjelasan sederhana membangun keterampilan dasar menyimpulkan membeirkan penjelasan lanjut dan mengatur strategi. Kinetika kimia meliputi pengetahuan faktual konseptual prosedural dan metakognisi yang untuk mempelajarinya memerlukan keterampilan berpikir kritis. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konseptual siswa kelas 11 materi laju reaksi dan menganalisis hubungan di antara keduanya. Penelitian ini melibatkan 492 siswa kelas 11 di lingkungan Kota Sidoarjo. Instrumen penelitian ini adalah tes berpikir kritis dan tes pemahaman konsep mengenai laju reaksi. Tes keterampilan berpikir kritis terdiri dari 5 butir soal essay dimana dapat dikatakan valid karena didapatkani koefisien reliabilitas Cronbach Alpha 0 812. Sedangkan tes pemahaman konsep terdiri atas 15 butir soal pilihan ganda yang juga dapat dikatakan valid dimana didapatkan koefisien reliabilitas Cronbach Alpha 0 797. Kedua tes ini dikembangkan sendiri oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan didapatkan rata-rata skor keterampilanberpikir kritis siswa adalah 84 39% berkategori sangat baik sedangkan skor rata-rata pemahaman konsep Kinetika Kimia siswa adalah 85 71% berkategori sangat baik. Analisis korelasi dengan menggunakan Rank Spaerman menunjukkan bahwa kedua variabel berkorelasi positif [correlation coefficient 0 266] secara signifikan [sig. (2-tailed) 0 01 lt 0 05]. Hasil tersebut menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa dan sebaliknya. Temuan ini dapat membantu pengembangan pembelajaran khususnya yang menempatkan keterampilan berpikir kritis atau pemahaman konseptual sebagai luaran pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322957 |
Actions (login required)
View Item |