Selviana, Dina (2022) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif pdca (preparing, doing, checking and assessing and following up) berbantuan jurnal belajar terhadap hasil belajar dan kemampuan argumentasi siswa pada materi laju reaksi / Dina Selviana</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Karakteristik konsep laju reaksi yang kompleks dapat membuat siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari dan mengembangkan kemampuan argumentasi siswa. Strategi metakognitif salah satu strategi yang dapat melatih mengembangkan keterampilan argumentasi siswa. Salah satu komponen pembelajaran strategi metakognitif adalah mendorong refleksi diri selama dan setelah pengalaman belajar yaitu memupuk belajar secara mandiri dengan meminta siswa untuk menghasilkan sendiri pertanyaan dan jawaban mereka untuk meningkatkan pemahaman. Penulisan jurnal belajar dapat melatih kemampuan kognitif dan argumentasi siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan metakognitif siswa adalah strategi pembelajaran Preparing Doing Assessing Checking and Following-Up disingkat PDCA oleh Parlan pada tahun 2018. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh strategi pembelajaran metakognitif PDCA berbantuan jurnal belajar terhadap hasil belajar dan kemampuan argumentasi siswa dengan siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran discovery learning pada materi laju reaksi. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan eksperimental semu (Quasi Experimental Design) dengan posttest only controlled group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh dua kelas sampel yaitu Kelas XII MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XII MIA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis. 20 soal pilihan ganda untuk tes hasil belajar memiliki nilai validitas sebesar 91 50% sedangkan 5 soal uraian untuk tes kemampuan argumentasi memiliki validitas sebesar 93 56%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh hasil kognitif peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi metakognitif PDCA berbantuan jurnal dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan metode discovery learning 2) kemampuan argumentasi peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi metakognitif PDCA berbantuan jurnal belajar lebih tinggi di bandingkan peserta didik yang dibelajarkan dengan metode discovery learning. Maka dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran metakognitif PDCA berbantuan jurnal berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan argumentasi siswa pada materi laju reaksi dibandingkan dengan metode discovery learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322956 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |