Ummah, Zaimatul (2022) Efektivitas model learning cycle 7e dan guided discovery berorientasi hots dalam mencegah miskonsepsi siswa pada materi kesetimbangan Kelas XI / Zaimatul Ummah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ummah Zaimatul.2022.Efektivitas Model Learning Cycle 7E dan Guided Discovery Berorientasi HOTS dalam Mencegah Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kelas XI .Tesis Jurusan Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Munzil M.Si.(2) Dr. Sumari M.Si. Kata Kunci Model Learning Cycle 7E Guided Discovery HOTS Miskonsepsi Untuk mengetahui keefektifan dari dua model pembelajaran yang setara (saintific approch) maka dilatihkannya model learning cycle 7E dan guided discovery yang dibantu meningkatkan level kognitif siswa dengan HOTS agar mengurangi atau mencegah miskonsepsi siswa.Penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian pre-test post-test design. Data uji normalitas menunjukkan hasil pre-test learning cycle 7E yaitu 0 162 yang dinyatakan normal karena lebih dari 0 05. Pada pre-test guided discovery menunjukkan hasil uji normalitas 0 200 diketahui lebih dari 0 05 yang dinyatakan normal. Hasil uji normalitas post-test learning cycle 7E menunjukkan 0 85 yang dinyatakan normal karena lebih dari 0 05. Pada post-test guided discovery menunjukkan hasil uji normalitas 0 144 diketahui lebih dari 0 05 yang dinyatakan normal. Data uji homogenitas pada keseluruhan hasil belajar siswa mulai dari pre-test dan post-test pada kedua model pembelajaran mendapatkan hasil 0 716 dimana hasil tersebut menunjukkan nilai lebih dari 0 05 yang dinyatakan bahwa hasil belajar siswa homogen.Di uji dengan independent t mendapatkan hasil 0 030 dimana hasil signifikasi lt 0 05 maka H1 diterima. Pengujian N-gain didapat data pre-test dan post-test pada kedua model pembelajaran yaitu learning cycle 7E dengan guided discovery menghasilkan skor nilai 0 46 untuk learning cycle 7E dan 0 34 untuk guided discovery dimana hasi menyatakan bahwa nilai tersebut termasuk pada kategori sedang yang memiliki arti adanya peningkatan pemahaman siswa pada model pembelajaran tersebut. Ada perbedaan efektivitas model learning cycle 7E dan guided discovery dalam memahami materi kesetimbangan kimia. Didasarkan skor post-test pada pembelajaran materi kesetimbangan kimia yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E memberikan hasil yang lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran guided discovery.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |