Penerapan model problem based learning berbantuan blended learning pada materi spektroskopi molekul terhadap hasil belajar mahasiswa berdasarkan taksonomi marzano di Universitas Negeri Manado / Varisky Abraham Dumanaw</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning berbantuan blended learning pada materi spektroskopi molekul terhadap hasil belajar mahasiswa berdasarkan taksonomi marzano di Universitas Negeri Manado / Varisky Abraham Dumanaw</p>

Dumanaw, Varisky Abraham (2020) Penerapan model problem based learning berbantuan blended learning pada materi spektroskopi molekul terhadap hasil belajar mahasiswa berdasarkan taksonomi marzano di Universitas Negeri Manado / Varisky Abraham Dumanaw</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dumanaw Abraham Varisky 2020. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Blended Learning pada Materi Spektroskopi Molekul Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksonomi Marzano di Universitas Negeri Manado. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Surjani Wonorahardjo P.hD. (II) Dr. Hayuni Retno Widarti M.Si. Kata Kunci Problem based learning blended learning taksonomi Marzano spektroskopi molekul. Sub bab materi spektroskopi molekul salah satunya aplikasi instrument spektroskopi molekul dalam kehidupan sehari-hari. Model Problem based learning mengintegrasikan pembelajaran berbasis masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat meningkatkan pemahaman dan mengkonstruksi pengetahuan yang luas. Salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan yang luas yaitu dengan menggunakan fasilitas internet. Perkembangan zaman menuntut mahasiswa dalam menguasai teknologi dan pemanfaatan jaringan internet. Salah satu penerapan teknologi dalam dunia pendidikan yaitu pembelajaran dengan blended learning. Blended learning membutuhkan aplikasi yang mendukung seperti edmodo. Prinsip spektroskopi molekul bersifat abstrak saat mempelajari cara kerja insturmen spektroskopi molekul untuk itu dapat dibantu dengan memberikan pemahaman visualisasi berupa video gambar animasi dan audio yang dapat dimasukkan kedalam fitur edmodo sehingga mahasiswa mudah memahami materi dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk regulasi diri seperti daya tarik minat motivasi metakognisi dan prilaku selama proses pembelajaran sesuai dengan tiga sistem mental yang dikembangkan oleh taksonomi marzano. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) perbedaan hasil belajar kognitif antar mahasiswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berbantuan blended learning dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan problem based learning 2) perbedaan kesadaran metakognitif antar mahasiswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berbantuan blended learning dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan problem based learning 3) pengaruh model problem based learning berbantuan blended learning terhadap sistem diri mahasiswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (quasi eksperiment) tipe pre-posttest group design dan rancangan deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti matakuliah Kimia Analitik III tahun ajaran 2018/2019 di Universitas Negeri Manado. Sampel diambil secara convenience sampling (sampling seadanya). Diambil 2 kelas yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen (pembelajaran dengan problem based learning berbantuan blended learning) yang berjumlah 32 mahasiswa dan kelas kontrol yaitu kelas B (pembelajaran dengan problem based learning) yang berjumlah 32 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan terdiri dari (1) Silabus (2) RPP (3) LKM sedangkan instrumen pengukuran terdiri dari (1) Tes kognitif mahasiswa memiliki validasi isi 87 92% dengan kriteria sangat baik dan koefesien reliabilitas 0 653 dengan kriteria tinggi (2) Tes kesadaran metakognitif mahasiswa memiliki validasi isi 95 83% dengan kriteria sangat baik dan koefesien reliabilitas 0 884 dengan kriteria sangat tinggi. Analisis data statistik yang digunakan adalah Independent Sample t-Test. Analisis deskriptif digunakan untuk melihat pengaruh model problem based learning berbantuan blended learning terhadap sistem diri mahasiswa berdasarkan taksonomi marzano pada saat observasi pembelajaran secara online. Hasil penilitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning berbantuan blended learning dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning pada materi spektroskopi molekul. (2) Ada perbedaan kesadaran metakognitif mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning berbantuan blended learning dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning. (3) Penerapan model problem based learning berbantuan blended learning dapat mempengaruhi sistem diri mahasiswa berdasarkan taksonomi marzano.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Dec 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322947

Actions (login required)

View Item View Item