Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pinjaman UMKM pada online peer-to-peer lending (studi pada situs "Lendingclub" tahun 2015 dan 2016) / Wibi Andriansyah

Andriansyah, Wibi (2018) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pinjaman UMKM pada online peer-to-peer lending (studi pada situs "Lendingclub" tahun 2015 dan 2016) / Wibi Andriansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Andriansyah, Wibi. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pinjaman UMKM pada Online Peer-to-Peer Lending (Studi Pada Situs ÔÇ£LendingClubÔÇØ Tahun 2015 dan 2016). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M. Kata Kunci: Peer-to-peer lending, kesuksesan pinjaman, UMKM, fintech. Peer-to-peer lending sebagai inovasi layanan keuangan menjadi peluang bagi UMKM yang mengalami kendala akses pada institusi keuangan formal. Dalam aktivitas Peer-to-Peer lending, isu yang sering muncul yaitu adanya asimerik informasi. Asimetrik informasi dapat memunculkan adanya resiko kredit yang dapat menyebabkan suatu pinjaman bermasalah. Oleh karena itu keakuratan suatu informasi yang dapat menjelaskan prospek pinjaman dimasa mendatang menjadi penting bagi UMKM maupun bagi pemberi pinjaman. LendingClub sebagai salah satu platform penyedia layanan Peer-to-peer lending, memberikan informasi terkait pengajuan pinjaman yang berasal dari prospectus ketika mengajukan pinjaman. Dalam prospectus, memuat informasi antara lain yaitu jumlah pinjaman, pendapatan tahunan, jangka waktu pinjaman, debt-to-income rasio, pelanggaran pembayaran dalam 2 tahun terakhir, frekuensi pengajuan pinjaman dalam 6 bulan terakhir, dan utilitas kredit bergulir. Informasi tersebut yang diharapkan dapat menjelaskan prospek pinjaman dimasa mendatang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan bentuk hubungan kausal. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pinjaman UMKM pada aktivitas Peer to peer lending tahun 2015-2016. Pada tahun 2015-2016, terdapat 2901 pinjaman UMKM sebagai sampel penelitian yang diperoleh dari platform LendingClub. Sampel yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis Dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik diperoleh bahwa jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman, debt-to-income rasio, pelanggaran pembayaran dalam 2 tahun terakhir, frekuensi pengajuan pinjaman dalam 6 bulan terakhir, dan utilitas kredit bergulir berpengaruh negatif signifikan terhadap kesuksesan pinjaman. sedangkan pendapatan tahunan tidak berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan pinjaman. Saran bagi UMKM sebaiknya memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pinjamannya dan menghindari tindakan yang tidak diinginkan kreditur. Bagi pemberi pinjaman lebih berhati hati dalam memberikan pinjaman sebagai keputusan investasi. sedangkan untuk peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel atau model penelitian baru untuk memperoleh hasil yang lebih baik, peneliti selanjutnya juga dapat mengamati pinjaman pada tujuan lain seperti konsumsi atau refinance untuk memperoleh karakteristik pada tiap tujuan pinjaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32292

Actions (login required)

View Item View Item