Eksplorasi pola strategi penyelesaian masalah terkait kesulitan peserta didik pada dinamika gerak /&nbsp;Azharul Auliyaur Rohman</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi pola strategi penyelesaian masalah terkait kesulitan peserta didik pada dinamika gerak /&nbsp;Azharul Auliyaur Rohman</p>

Rohman, Azharul Auliyaur (2023) Eksplorasi pola strategi penyelesaian masalah terkait kesulitan peserta didik pada dinamika gerak /&nbsp;Azharul Auliyaur Rohman</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dapat membantu peserta didik memahami konsepdan fenomena. Kemampuan pemecahan masalah lebih menekankan proses daripadahasil. Menentukan dan mengevaluasi upaya yang dilakukan peserta didik danbagaimana menemukan solusi adalah hal yang sangat penting karena prosespemecahan masalah dimulai dari mengenali suatu masalah. Peserta didikmengalami kesulitan ketika masalah yang diberikan menuntut peserta didikmenjelaskan secara konseptual atau secara fenomena. Kesulitan pada prosespenyelesaian masalah mengakibatkan peserta didik merasa kesulitan untukmemecahkan masalah tersebut seperti pada penelitian-penelitian sebelumnya.Secara umum proses pemecahan masalah yang dilakukan peserta didik dari satumasalah ke masalah yang lain membentuk suatu kesamaan dan kekoherenan ataubisa disebut membentuk suatu pola. Perlu dilakukan penelitian terkait polapenyelesaian masalah. Tujuannya adalah mengetahui lebih dalam terkait kesulitanyang dialami peserta didik. Berdasarkan pentingnya penelitian yang telahdipaparkan maka peneliti akan melakukan sebuah penelitian yang berjudulexplorasi pola strategi penyelesaian masalah terkait kesulitan peserta didik padadinamika gerak. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan guru untukmemilih scafolding yang tepat untuk meningkatkan kemampuan pemecahanmasalah peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pola yangterbentuk ketika peserta didik melakukan pemecahan suatu masalah (2) mengetahuihubungan kesulitan yang dialami peserta didik dengan pola penyelesaian masalahyang terbentuk.Metode penelitian yang paling sesuai adalah metode penelitian Campuran (MixeMethode) berupa penelitian non experimental. Desain penelitian yang digunakanadalah Explanatory Sequential Design dengan variasi case-selection variant.Desain ini melibatkan dua fase Pertama seleksi peserta (Fase l) dilakukan denganmenggunakan metode kuantitatif setelah data kuantitatif diperoleh kemudianpartisipan dikelompokkan berdasarkan pola jawaban yang sama. Partisipan yangberlanjut ke fase 2 diambil salah satu dari beberapa kelompok tersebut. Setelahterpilih partisipan pada fase 1 kemudian dilakukan pengumpulan data kualitatif(Fase 2).Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat empat pola strategi yang dipakai olehpartisipan. Empat pola strategi ini memiliki tahapan masing-masing. Partisipanvimemakai suatu pola strategi berdasarkan pengalaman dan kemampuan masing-masing. (2) Berdasarkan pembahasan di atas didapati bahwa pada pola strategi tipe3 tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah. Pada tipe 3 ini bisadikatakan sebagai seorang ldquo ahli rdquo . Pada tipe 1 dan 2 mengalami beberapa kesulitanselama proses penyelesaian. Faktor yang menyebabkan adalah tidak adanyatahapan mengolah informasi secara mendalam sehingga partisipan merasakesulitan. Pada tipe 4 ini mengalami kesulitan karena partisipan kurang dalammemahami konsep fisika. Memahami konsep fisika merupakan dasar bagipenyelesai masalah fisika

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322919

Actions (login required)

View Item View Item