Pengembangan e-modul dengan scaffolding materi fluida statis dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah / Elta Rizkyanti</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul dengan scaffolding materi fluida statis dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah / Elta Rizkyanti</p>

Rizkyanti, Elta (2024) Pengembangan e-modul dengan scaffolding materi fluida statis dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah / Elta Rizkyanti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah memiliki keterkaitan pada pembelajaran fisika khususnya pada konteks fluida statis. Keduanya perlu diperhatikan agar peserta didik terhindar dari kesalahan konsep sehingga mampu memecahkan masalah yang dihadapi. Beberapa studi menunjukkan bahwa terdapat kesulitan dalam pemahaman konsep pada materi fluida statis yang menyebabkan peserta didik tidak bisa memecahkan masalah. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan beberapa upaya seperti merancang media pembelajaran yang menarik berupa modul elektronik dan dilengkapi dengan Scaffolding sebagai jembatan guru dan peserta didik untuk memahami konsep sehingga dapat memecahkan masalah dengan benar pada materi fluida statis. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya dengan 1 kelas kontrol yang berisi 24 peserta didik dan 1 kelas eksperimen yang berisi 27 peserta didik. Pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional dan pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran menggunakan e-modul dengan Scaffolding. Instrumen penelitian mencakup modul ajar e-modul dengan Scaffolding dan 7 soal pemahaman konsep serta 5 soal pemecahan masalah yang dimuat dalam pretetst-posttest. Analisis statistik kuantitatif menggunakan N-Gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik uji t menggunakan Paired Samples Test untuk mengetahui pengaruh e-modul pada pembelajaran dan Cohen rsquo s d-effect size untuk melihat dampak pada pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul dengan Scaffolding materi fluida statis dinyatakan valid dan layak digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Didapatkan hasil uji validitas ahli gt 90 dengan kategori sangat valid dan hasil uji validitas serta reliabilitas dengan hasil valid dan reliabel. E-modul dengan Scaffolding dinyatakan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik yang ditunjukkan dengan N-Gain sebesar 0 416 pada kategori sedang. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep paling tinggi terdapat pada indikator level kognitif C1 yaitu Remember dengan N-Gain sebesar 0 444 pada kategori sedang dan sub materi tekanan hidrostatis dengan N-Gain sebesar 0 333 pada kategori sedang. Kemampuan pemecahan masalah juga mengalami peningkatan peningkatan tertinggi terdapat pada indikator Useful Description (UD) dengan N-Gain sebesar 0 822 pada kategori tinggi dan sub materi tekanan hidrostatis dengan N-Gain sebesar 0 693 pada kategori tinggi. Kedua kemampuan tersebut terbukti dapat meningkat secara signifikan melalui hasil uji t menggunakan Paired Samples Test dengan hasil sig lt 0 05. Hal tersebut diperkuat dengan hasil Cohen rsquo s d-effect size yang menunjukkan kemampuan pemahaman konsep dengan nilai sebesar 2 66 pada kategori strong effect dan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai sebesar 0 82 pada kategori moderat effect. Secara keseluruhan peningkatan pada kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu memahami konsep melalui pengamatan dan percobaan yang dilakukan secara mandiri menggunakan e-modul dengan Scaffolding sehingga menunjang kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322918

Actions (login required)

View Item View Item