Pengembangan LKPD berbasis project based learning tentang energi terbarukan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa di SMA / Revista Rizky Rahmanniar</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan LKPD berbasis project based learning tentang energi terbarukan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa di SMA / Revista Rizky Rahmanniar</p>

Rahmanniar, Revista Rizky (2024) Pengembangan LKPD berbasis project based learning tentang energi terbarukan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa di SMA / Revista Rizky Rahmanniar</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan media pembelajaran materi fisika menjadi salah satu strategi pengembangan pembelajaran yang mampu membantu siswa memahami konsep-konsep fisika dan keterampilan berpikir kreatif. Ditemukan bahwa siswa masih sulit untuk berpikir kreatif karena tidak terbiasa mengikuti proses pembelajaran yang bersifat pemecahan masalah. Hal ini disebabkan minimnya pemahaman guru terhadap model pembelajaran serta perangkat pembelajaran yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kelayakan lkpd berbasis pjbl tentang energi terbarukan dan bagaimana pengaruhnya terhadap penguasaan konsep dan keterampilan. Kelayakan lembar kerja peserta didik diukur menggunakan lembar validasi ahli media ahli modul ajar dan ahli praktisi lapangan dengan masing-masing mendapatkan nilai 78 45% 86 11% dan 92 70%. Penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif diukur menggunakan uji independent sample t-test yang didapatkan dari nilai pretest dan posttest. Hasil implementasi menunjukan adanya peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif pada kelas yang menerapkan LKPD berbasis pjbl daripada kelas yang tidak diterapkan LKPD berbasis pjbl dengan perolehan masing-masing nilai yaitu 0 003 dan 0 032 (sign lt 0 05).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322917

Actions (login required)

View Item View Item