Pengaruh pembelajaran problem based learning terintegrasi stem terhadap keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa dalam pokok materi termodinamika / Abdullah Kholil</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran problem based learning terintegrasi stem terhadap keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa dalam pokok materi termodinamika / Abdullah Kholil</p>

Kholil, Abdullah Kholil (2022) Pengaruh pembelajaran problem based learning terintegrasi stem terhadap keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa dalam pokok materi termodinamika / Abdullah Kholil</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kholil Abdullah. 2022. Pengaruh Pembelajaran Problem based learning Terintegrasi STEM Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pokok Materi Termodinamika. Tesis Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edi Supriana M.Si (2) Dr. Supriyono Koes H. M.Pd MA. Kata kunci Problem based learning STEM pemecahan masalah berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah adalah komponen penting untuk negara berkembang terutama kita warga negara di abad ke-21. Keterampilan ini diperlukan untuk berkontribusi sebagai anggota masyarakat beroperasi secara efektif di pasca-sekolah menengah kelembagaan dan berdaya saing di pasar global. Oleh sebab itu siswa perlu untuk memiliki kemampuan berpikir kritis dan memiliki keterampilan pemecah masalah yang baik. Untuk membantu siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang baik harus didukung dengan pembelajaran yang efektif. Melalui penelitian ini diterapkan pembelajaran problem based learning terintegrasi STEM pada kelas eksperimen dan direct intruction pada kelas kontrol. Pembelajaran problem based learning melatih siswa belajar dengan pembelajaran berbasis masalah diintegrasi teknik. Pembelajaran ini melatih siswa lebih mandiri dan aktif menemukan daya kritisnya untuk menemukan solusi. STEM menekankan pada pembelajaran lintas ilmu dengan membangun kemampuan teknik berupa prototype yang membantu siswa menemukan daya kritisnya dan menyelesaikan masalahnya pada materi termodinamika. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pembelajaran problem based learning terintegrasi STEM terhadap pemecahan masalah dan berpikir kritis pada materi termodinamika. Metode yang digunakan adalah mixed method dengan desain Explanatory. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Tahun Ajaran 2020/2021 SMA Negeri Pronojiwo Lumajang dan dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Dua kelas tersebut adalah kelompok eksperimen yang terdiri dari 26 peserta didik dan kelompok kontrol yang terdiri dari 26 peserta didik. Instrumen penelitian berupa soal Esai. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest-posttest dan wawancara. Data kuantitatif dianalisis secara statistik melalui uji Mann-Withney dan T-test. Data kualitatif dianalisis untuk mendukung data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran yang diberikan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan signifikan terhadap kelas eksperimen pengaruh pembelajaran problem based learning terintegrasi STEM kemampuan berpikir kritis siswa dengan uji mann- withney diketahui nilai signifikansi pretest 0 005 (P le 0 05) menunjukkan kelas eksperimen lebih rendah dari kelas kontrol. Sedangkan setelah dilakukan uji postest nilai signifikasi 0 668 (P ge 0 05) terjadi peningkatan pada kelompok eksperimen setelah perlakukan. Sedangkan untuk proses keterampilan pemecahan masalah siswa uji independent t-test dengan nilai signifikansi 0 625. Nilai tersebut lebih besar dari P ge 0 05 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Artinya pemberian intervensi pembelajaran keterampilan pemecahan masalah siswa tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Peryataan kualitatif menyatakan pembelajaran problem based learning terintegrasi STEM yang diberikan menurutnya mengasikkan karena dilakukan dengan proses penyelidikan. Dalam proses pembelajaran memberikan kesempatan untuk melakukan penyelidikan. Siswa merasa terbantu untuk menemukan solusi dan menumbuhkan sikap kritis siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322914

Actions (login required)

View Item View Item