Peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah mahasiswa calon guru fisika melalui argument-driven inquiry (adi) berbantuan laboratorium virtual pada materi osilasi harmonik sederhana / Yolanda Dwi Vivian Karawahenni</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah mahasiswa calon guru fisika melalui argument-driven inquiry (adi) berbantuan laboratorium virtual pada materi osilasi harmonik sederhana / Yolanda Dwi Vivian Karawahenni</p>

Karawahenni, Yolanda Dwi Vivian (2024) Peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah mahasiswa calon guru fisika melalui argument-driven inquiry (adi) berbantuan laboratorium virtual pada materi osilasi harmonik sederhana / Yolanda Dwi Vivian Karawahenni</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Osilasi harmonik sederhana merupakan salah satu materi yang menjadi dasar untuk mempelajari materi fisika yang lebih kompleks. Penerapan osilasi harmonik sederhana juga sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun beberapa penelitian terdahulu menemukan bahwa masih banyak siswa dan mahasiswa calon guru yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep osilasi harmonik sederhana serta tidak terbiasa mengungkapkan ide dan gagasan melalui argumentasi ilmiah. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah mahasiswa calon guru adalah menggabungkan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) dengan laboratorium virtual. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah mahasiswa calon guru serta hubungan keduanya melalui model ADI berbantuan laboratorium virtual. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed method) dengan desain embedded experimental. Subjek penelitian merupakan 33 mahasiswa calon guru di Palangka Raya. Data kuantitatif dan kualitatif dikumpulkan melalui tes penguasaan konsep dan argumentasi ilmiah. Tes penguasaan konsep terdiri dari 15 soal pilihan ganda beralasan dengan reliabilitas tinggi (r 0 742). Jawaban tes penguasaan konsep dianalisis menggunakan uji beda (paired sample t-test Wilcoxon dan Friedman) effect size dan N-Gain sedangkan alasan jawaban dianalisis secara kualitatif dengan constant-comparatif dan ditarik kesimpulan. Tes argumentasi ilmiah terdiri dari 3 soal uraian dengan reliabilitas tinggi (r 0 741). Hasil jawaban argumentasi ilmiah dikategorikan diskor dan dianalisis berdasarkan kualitas dan validitas konseptual argumentasi ilmiah menggunakan uji beda (paired sample t-test dan Wilcoxon) effect size dan N-Gain serta disimpulkan. Hubungan antara penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah dianalisis dengan menggunakan korelasi Pearson pada masing-masing data pretest posttest dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep mahasiswa mengalami peningkatan upper-medium dengan nilai N-Gain sebesar 0 64 dan nilai effect size sangat besar (d 3 15). Argumentasi ilmiah mahasiswa juga mengalami peningkatan upper-medium dengan nilai N-Gain untuk kualitas argumentasi ilmiah sebesar 0 57 dan validitas konseptual argumentasi ilmiah sebesar 0 52. Nilai effect size untuk kualitas dan validitas konseptual argumentasi ilmiah juga berada pada angka 2 20 dan 2 21 dengan kategori sangat tinggi. Hasil analisis korelasi Pearson menunjukkan nilai r positif dengan nilai minimum 0 350 (lemah) dan nilai maksimum 0 835 (sangat kuat) artinya terdapat hubungan positif antara penguasaan konsep dan argumentasi ilmiah mahasiswa calon guru pada materi osilasi harmonik sederhana. Keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah mahasiswa calon guru pada materi osilasi harmonik sederhana mengalami peningkatan melalui model pembelajaran ADI berbantuan laboratorium virtual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322912

Actions (login required)

View Item View Item