Saiya, Selvina Visbad (2024) Penalaran ilmiah dan penguasaan konsep siswa dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan berbantuan web-based formative assesment pada materi hukum newton / Selvina Visbad Saiya</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penalaran ilmiah merupakan proses penerapan pemikiran kritis dan analisis logis untuk memahami menjelaskan dan membuat prediksi tentang alam dengan menggunakan metode ilmiah. Banyak siswa yang memiliki penalaran ilmiah yang rendah sehingga sulit untuk menangkap ide-ide abstrak menjadi contoh yang lebih nyata. Konsep fisika bersifat abstrak karena objek atau ide yang terkandung didalamnya sukar untuk digambarkan konsep fisika yang abstrak inilah yang sering membuat para siswa sulit untuk mencerna dan memahaminya sehingga membuat mereka beranggapan bahwa fisika itu sulit. Penalaran ilmiah yang rendah menyebabkan banyak siswa memiliki penguasaan konsep yang rendah pula salah satunya pada materi Hukum Newton. Hukum Newton merupakan materi fisika yang sangat konseptual dan mendasari banyak konsep fisika lainnya. Salah satu solusi yang diharapkan dapat meningkatkan penalaran ilmiah dan penguasaan konsep siswa adalah melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan web-based formative assesment. Tujuan penelitian adalah menganalisis penalaran ilmiah dan penguasaan konsep siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan web-based formative assesment. Penelitian menggunakan metode campuran (mixed method) dengan embedded experimental design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A SMA Muhhamadiyah 02 Sumberpucung terdiri dari 20 siswa. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pelaksanaan wawancara serta pretest dan posttest. Tes penalaran ilmiah menggunakan tes Modified Lawson Classroom Test Scientific Reasoning (MLCTSR) berisi 5 butir soal dengan nilai Cronbach rsquo s Alpha 0 643. Dan untuk tes penguasaan konsep menggunakan tes Force Concept Inventory (FCI) berisi 15 butir soal dengan nilai Cronbach rsquo s Alpha 0 824 yang artinya kedua tes ini memiliki reliabilitas yang baik. Penelitian menemukan bahwa penalaran ilmiah siswa dalam pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan web-based formative assesment mengalami peningkatan secara signifikan dengan nilai d effect size 3 829 dengan kategori lebih besar sekali dari standar dan N-gain 0 745 dengan kategori tinggi. Sementara penguasaan konsep siswa pada materi Hukum Newton melalui pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan web based-formative assessment juga mengalami peningkatan yang sama secara signifikan dengan nilai d-effect size 1.088 dengan kategori lebih besar sekali dari standar dan N-gain 0 443 dengan kategori medium bawah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322908 |
Actions (login required)
View Item |