Praptama, Sandhi Setya (2024) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains peserta didik SMK melalui model project based learning pada materi energi / Sandhi Setya Praptama </p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini mengevaluasi pengaruh model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Proyek IPAS di SMK yang mengintegrasikan Fisika Kimia dan Biologi. Proyek IPAS menyesuaikan kontennya dengan kompetensi keahlian mendorong interaksi sosial dan pemahaman fenomena alam serta menerapkan PjBL untuk karakter peserta didik. PjBL diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dan berpikir kreatif peserta didik termasuk keterampilan menyusun laporan ilmiah komunikasi efektif dan kreativitas. Peningkatan ini diharapkan dapat membangkitkan minat peserta didik terhadap sains mempersiapkan mereka menghadapi perubahan teknologi dan pasar kerja serta menciptakan generasi yang unggul dan inovatif untuk masa depan. Metodologi penelitian menggunakan desain quasi-experimental dengan pretest dan posttest. Studi empiris melibatkan 30 peserta didik dari SMA Negeri 1 Grati sebagai sampel hasil uji normalitas pretest dan posttest kelas eksperimen serta kelas kontrol pada literasi sains menunjukkan distribusi normal dengan nilai signifikansi yang lebih besar dari nilai probabilitas signifikansi alpha 0 05. Hasil perhitungan uji homogenitas berpikir kreatif pada kelas kelas pretest eksperimen dan kelas kontrol adalah homogen. Hal ini dapat dilihat dengan nilai signifikansi hasil pengujian homogenitas sebesar 0 950 lebih besar dari nilai probabilitas signifikansi alpha 0 05. Sedangkan data mengenai hasil pretest dan posttest literasi sains menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 53.56 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 33.56 mengindikasikan pengetahuan awal dan literasi sains peserta didik kelas eksperimen yang lebih tinggi terkait materi energi. Selisih antara kedua nilai tersebut adalah 20 poin. Sementara itu nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 67.78 juga lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 43.11 dengan selisih 24.67 poin. Terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest di kedua kelas menunjukkan bahwa secara umum kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar kemampuan literasi sains yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |