Pengaruh penggunaan virtual lab dan lab real dalam meningkatkan penguasaan konsep dan penalaran siswa tentang prinsip archimedes dan fenomena terapung tenggelam / Judeanto Edy</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan virtual lab dan lab real dalam meningkatkan penguasaan konsep dan penalaran siswa tentang prinsip archimedes dan fenomena terapung tenggelam / Judeanto Edy</p>

Edy, Judeanto (2023) Pengaruh penggunaan virtual lab dan lab real dalam meningkatkan penguasaan konsep dan penalaran siswa tentang prinsip archimedes dan fenomena terapung tenggelam / Judeanto Edy</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Edy Judeanto. 2023. Pengaruh Penggunaan Virtual Lab dan Lab Real dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Penalaran Siswa Tentang Prinsip Archimedes dan Fenomena Terapung Tenggelam. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sutopo M.Si. (II) Dr. Edi Supriana M.Si. Kata kunci Penguasaan konsep Penalaran siswa virtual lab real lab prinsip Archimedes Penguasaan konsep dan penalaran siswa merupakan dua hal yang berkaitan dalam mempelajari fisika. Namun dari hasil penelitian sebelumnya penguasaan konsep siswa pada topik prinsip Archimedes masih rendah. Rendahnya penguasaan konsep ini berdampak pada kemampuan penalaran siswa yang kemudian menyulitkan mereka dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan kepada mereka. POE merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengungkapkan dan memperbaiki kesalahan berpikir siswa dan dalam proses pembelajaran peran praktikum sangat penting dalam rangkaian strategi POE. Menurut para ahli praktikum merupakan salah satu cara meningkatkan penguasaan siswa mengenai sebuah konsep dalam fisika. Praktikum bisa dilakukan menggunakan benda nyata (real) atau simulasi virtual. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara lab real dan virtual lab dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa. Namun belum ada temuan yang konsisten mengenai perbedaan penggunaan lab real maupun virtual lab dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa terutama pada topik prinsip Archimedes. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki perbedaan virtual lab jika dibandingkan dengan lab real dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa serta untuk menyelidiki penalaran siswa tentang prinsip archimedes. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest ndash posttest two treament design. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berasal dari dua kelas XI IPA pada salah satu SMA Negeri di kabupaten Malang dengan masing-masing kelas terdiri dari 33 siswa. Kelas XI IPA 1 akan mengikuti pembelajaran yang memanfaatkan virtual lab sedangkan kelas XI IPA 2 akan belajar menggunakan bantuan lab real. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 15 butir soal pilihan ganda yang sebagian diadopsi atau diadaptasi dari beberapa penelitian sebelumnya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas gain (N-gain) uji beda menggunakan Independent sample T-test dan cross tabulation. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan kedua jenis lab dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Kelas Virtual lab maupun lab real menghasilkan rata-rata nilai N-gain sebesar 0 349 dan 0 353. Uji independent Sample T-test menunjukkan tidak ada perbedaan secara statistik pada peningkatan skor N-gain di kedua kelas dimana t (66) 0 086 p 0 932. Artinya baik virtual lab maupun lab real bisa memberikan hasil yang sama baiknya dan masuk dalam kategori pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Namun demikian tetap terdapat perbedaan pada kedua jenis lab ini dalam proses pembelajaran dimana penggunaan virtual lab dapat digunakan untuk mengamati fenomena benda melayang lebih menghemat waktu pengukuran lebih presisi dapat melakukan manipulasi variabel dengan lebih fleksibel. Penggunaan lab real maupun virtual lab berhasil menggeser pemikiran naif siswa mengenai fenomena terapung tenggelam yang awalnya mereka berpikir tentang massa benda atau volume benda bergeser kepemikiran ilmiah tentang perbandingan massa jenis benda dengan massa jenis fluida. Kemudian pemikiran naif tentang pengaruh massa/berat benda volume benda atau posisi benda terhadap besarnya gaya apung yang dialami benda bergeser ke pemikiran yang lebih ilmiah yaitu pengaruh volume fluida yang dipindahkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322905

Actions (login required)

View Item View Item