Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran berbasis proyek berbantuan virtual laboratorium pada materi usaha dan energi siswa Kelas x MIPA SMAN 1 Singosari / Ida Ayu Diah Cahya Utami</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran berbasis proyek berbantuan virtual laboratorium pada materi usaha dan energi siswa Kelas x MIPA SMAN 1 Singosari / Ida Ayu Diah Cahya Utami</p>

Utami, Ida Ayu Diah Cahya (2024) Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran berbasis proyek berbantuan virtual laboratorium pada materi usaha dan energi siswa Kelas x MIPA SMAN 1 Singosari / Ida Ayu Diah Cahya Utami</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan kognitif untuk mengatakan sesuatu dengan penuh keyakinan karena bersandar pada alasan yang logis dan bukti empiris yang kuat. Berpikir kritis dapat dilatih melalui proses pembelajaran sains di sekolah dengan cara memilih model pembelajaran inovatif yang dapat memberi peluang bagi tumbuh dan berkembangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi. Selain kemampuan berpikir kritis kemampuan pemecahan masalah juga mempunyai peran penting dalam pembelajaran fisika. Kemampuan pemecahan masalah berfokus pada analisis dalam proses pemilihan konsep-konsep yang diperlukan siswa untuk memecahkan suatu permasalahan. Namun beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika siswa masih berada pada kategori rendah. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa dapat dilakukan menggunakan model pembelajaran yang tepat selama proses pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis proyek berbantuan virtual laboratorium. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mixed method explanatory design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 1 Singosari. Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus dan RPP sedangkan instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis tes kemampuan pemecahan masalah lembar observasi dan panduan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif berupa uji normalitas uji T berpasangan dan uji effect size sedangkan analisis data kualiatif berupa reduksi data pengkodingan data penyajian data dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pembelajaran berbasis proyek berbantuan virtual laboratorium kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa menjadi lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis lebih baik daripada pretest yaitu 15 33 untuk posttest dan 9 47 untuk pretest. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah juga mengalami peningkatan nilai rata-rata saat posttest adalah 35 94 dan saat pretest 16 36. Uji effect size juga menunjukan Pembelajaran berbasis proyek berbantuan virtual laboratorium mempengaruhi kemampuan berpikir kritis sebesar 1 94 dan kemampuan pemecahan masalah sebesar 5 65 termasuk pada kategori kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322904

Actions (login required)

View Item View Item