Analisis epistemological beliefs dan pedagogical content knowledge (pck) guru fisika SMP berdasarkan masa kerjanya / Anindyta Nur Rizkyana Safitri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis epistemological beliefs dan pedagogical content knowledge (pck) guru fisika SMP berdasarkan masa kerjanya / Anindyta Nur Rizkyana Safitri</p>

Safitri, Anindyta Nur Rizkyana (2024) Analisis epistemological beliefs dan pedagogical content knowledge (pck) guru fisika SMP berdasarkan masa kerjanya / Anindyta Nur Rizkyana Safitri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru harus memiliki beberapa kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memfasilitas kebutuhan siswa pada abad ke 21 ini. Selama 20 tahun terakhir ini fokus dan tujuan guru yaitu menjadi seorang guru yang efektif dan memberikan pengajaran yang berkualitas. Kualitas seorang guru akan mempengaruhi profesionalisme mereka Oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi diantaranya kompetensi pedagogik kepribadian sosial dan professional yang harus dimunculkan dalam proses pembelajaran. PCK merupakan kesatuan pedagogi dan pengetahuan konten yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki profil PCK yang tinggi / ahli agar mampu membuat pengajaran yang berkualitas. Selain itu seorang guru tidak hanya cukup memiliki profil PCK yang tinggi namun harus memiliki profil keyakinan epistemological belief / keyakinan epistemologis yang tinggi pula. Keyakinan terbentuk dari waktu ke waktu melalui berbagai macam pengalaman. Pendidik dan peneliti guru menganggap keyakinan guru sebagai salah satu bidang penting yang perlu ditangani baik dalam persiapan guru maupun kegiatan belajar mengajar. Seorang guru dengan keyakinan epistemologis (epistemological belief) yang lebih tinggi akan fokus pada kegiatan pengajaran kooperatif dengan berfokus pada berbagai perspektif di kelas mereka mengajar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan rancangan penelitian mix method dengan desain penelitian explanatory sequential design. Subjek dalam penelitian ini tergolong dalam 3 kategori diantaranya yaitu guru senior guru junior dan calon guru. Pengambilan sampel untuk data kuantitatif disebar luaskan kepada guru fisika SMP dan pengambilan sampel untuk data kualitatif melalui wawancara dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini diperoleh hasil yang menyatakan bahwa profil epistemological belief disimpulkan bahwa guru senior sudah tergolong student focused (reform-based) dimana pembelajaran berpusat pada siswa yang mana guru bergantung pada respon siswa dalam mendesain lingkungan belajar yang memungkinkan untuk belajar individu guru junior serta calon guru masih tergolong student focused (responsive) dimana pembelajaran juga berfokus pada siswa namun peran guru masih aktif dan bisa dikatakan kolaborasi antara guru dan siswa sedangkan profil Pedagogical Content amd Kmowledge (PCK) disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dalam hal pengejaran guru terhadap siswa. Jika guru senior lebih memperhatikan pemahaman siswa hingga mewawancarai siswa terkait kendala dalam pembelajaran secara individual namun guru junior dan calon guru hanya menanyakan pemahaman siswa secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322902

Actions (login required)

View Item View Item