Muslimin, Miftahuljannah (2024) Pengaruh e-scaffolding metacognitive dalam problem based learning-flipped classroom pada peningkatan keterampilan pemecahan masalah topik usaha dan energi / Miftahuljannah Muslimin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan pemecahan masalah dapat dikembangkan melalui model pembelajaran aktif yaitu Problem Based Learning (PBL). Model PBL dapat dikombinasikan dengan pendekatan inovatif yaitu Flipped Classroom (FC). Namun masih terdapat celah kelemahan dalam menerapkan model PBL-FC seperti kesulitan siswa saat memecahkan masalah autentik yang diberikan pada fase pra-kelas. Oleh karena itu model PBL-FC perlu diintegrasikan dengan e-scaffolding metakognitif. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBL-FC dengan e-scaffolding metakognitif terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada topik usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode quasi-experiment dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design yang dilakukan pada dua kelas di SMA Negeri 1 Barru yang berjumlah 50 siswa. Instrumen perlakuan yang digunakan pada penelitian ini berupa E-LKPD dengan e-scaffolding metakognitif yang memanfaatkan LMS Moodle. Sedangkan instrumen pengukuran yang digunakan berupa 5 soal uraian topik usaha dan energi dengan hasil uji reliabilitas sebesar 0 603. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dari hasil pretest-posttest keterampilan pemecahan masalah siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan antara lain statistik deskriptif uji prasyarat independent t-test uji N-Gain dan menghitung effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen yang diberikan model PBL-FC dengan e-scaffolding metakognitif dan kelas kontrol yang diberikan model tradisional flipped classroom pada topik usaha dan energi. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah secara keseluruhan maupun berdasarkan indikator juga menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih unggul daripada kelas kontrol. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dipengaruhi oleh pemberian PBL-FC yang dilakukan dalam jangka waktu yang lama dan proses pembelajaran yang melibatkan e-scaffolding. Keterampilan pemecahan masalah siswa meningkat setelah pembelajaran dengan N-gain sebesar 0 53 (kategori sedang) dan effect size sebesar 0 73 (kategori kuat). Hasil ini mengindikasikan bahwa dengan adanya integrasi e-scaffolding dalam PBL-FC dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada topik usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:01 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322901 |
Actions (login required)
View Item |