Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja (studi di PG Gempolkrep Bagian Instalasi) / Dyka Dwi Rizki Arto

Arto, Dyka Dwi Rizki (2018) Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja (studi di PG Gempolkrep Bagian Instalasi) / Dyka Dwi Rizki Arto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Arto, Dyka Dwi Rizki. 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja (Studi di PG Gempolkrep Bagian Instalasi). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sopiah, M,Pd, MM. Kata Kunci: gaya kepemimpinan demokratis, motivasi kerja, kinerja karyawan Persaingan usaha semakin ketat, setiap perusahaan dituntut untuk dapat mempertahankan posisinya di dunia bisnis dengan melakukan upaya untuk meningkatkan kinerja karyawan, begitu juga dengan PG Gempolkrep Bagian Instalasi. Kurangnya ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, permasalahan absensi karyawan dan adanya karyawan dominan dalam bekerja menggambarkan adanya permasalahan terhadap kinerja karyawan. Oleh sebab itu, PG Gempolkrep perlu meningkatkan kinerja karyawannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Deskripsi gaya kepemimpinan demokratis, motivasi kerja, dan kinerja karyawan pada PG Gempolkrep Bagian Instalasi; 2) Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap motivasi kerja karyawan; 3) Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja karyawan; 4) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan; 5) Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian ini adalah karyawan tetap non manajemen PG Gempolkrep bagian instalasi yang berjumlah 80 karyawan. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh atau sensus, menghasilkan jumlah sampel sebanyak 80 karyawan. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner dan data penilaian kinerja karyawan PG Gempolkrep bagian instalasi, hasil data dari kuesioner dan data penilaian kinerja karyawan dianalisis menggunakan path analysis. Hasil analisis deskriptif dan path analysis dapat diketahui bahwa: 1) Gaya kepemimpinan demokratis dikategorikan efektif, motivasi kerja dikategorikan tinggi, dan kinerja karyawan dikategorikan baik; 2) Gaya kepemimpinan demokratis berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja; 3) Gaya kepemimpinan demokratis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan; 4) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan; 5) Gaya kepemimpinan demokratis secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja karyawan. Berdasarkan pada hasil penelitian, penulis memberikan beberapa saran pada perusahaan agar lebih memperhatikan kebutuhan karyawan yang berkaitan dengan kebutuhan dasar karyawan, kebutuhan keterhubungan, dan kebutuhan untuk mengembangkan diri dengan didukung oleh kepemimpinan yang demokratis sehingga karyawan merasa nyaman dalam bekerja agar dapat mencapai kinerja terbaiknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32290

Actions (login required)

View Item View Item