Wulandari, Dewi (2009) Hubungan partisipasi komite sekolah dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan prestasi akademik guru di SMA negeri se-kota Malang / Dewi Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulandari Dewi. 2009. Hubungan Partisipasi Komite Sekolah dan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Prestasi Guru di SMA Negeri se-Kota Malang. Skripsi. Pembimbing (I) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd (II) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd Kata kunci partisipasi komite sekolah perilaku kepemimpinan prestasi guru. Sekolah sebagai organisasi yang dirancang untuk berkontribusi terhadap peningkatan mutu perlu memberdayakan Komite Sekolah sebab pada dasarnya kekuatan akselerasi peningkatan mutu akan tercapai jika dibangun bersama masyarakat. Pendidikan dengan segala persoalannya tidak mungkin diatasi hanya oleh lembaga persekolahan. Untuk melaksanakan program-programnya sekolah perlu mengundang berbagai pihak yaitu keluarga masyarakat dan dunia usaha/industri untuk berpartisipasi secara aktif dalam berbagai program pendidikan. Partisipasi ini perlu dikelola dan dikoordinasikan dengan baik agar lebih bermakna bagi sekolah terutama dalam peningkatan mutu dan efektifitas pendidikan lewat suatu wadah yaitu Dewan Pendidikan di tingkat Kabupaten/Kota dan Komite Sekolah di setiap satuan pendidikan. Dengan demikian pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di satuan pendidikan dapat dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan dan salah satu faktor munculnya sekolah berprestasi adalah kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dan guru yang mempunyai peranan penting untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian (1) Bagaimana gambaran peran serta komite sekolah perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan prestasi guru di SMAN se-Kota Malang (2) Apakah terdapat hubungan antara peran serta komite sekolah dengan prestasi guru di SMAN se-Kota Malang (3) Apakah terdapat hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan prestasi guru di SMAN se-Kota Malang (4) Apakah terdapat hubungan peran serta komite sekolah dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama dengan prestasi guru di SMAN se-Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran peran serta komite sekolah perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan prestasi guru di SMAN se-Kota Malang (2) Untuk mengetahui hubungan antara peran serta komite sekolah dan prestasi guru di SMAN se-Kota Malang (3)Untuk mengetahui hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan prestasi guru di SMAN se-Kota Malang (4) Untuk mengetahui hubungan peran serta komite sekolah dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama dengan prestasi guru di SMAN se-Kota Malang. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMAN se-Kota Malang dan sampel penelitian ini sebanyak 253 diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket dan dianalisis dengan teknik regresi. Dari hasil analisis terhadap peran serta komite sekolah dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan prestasi guru ada hubungan yang signifikan.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hasil perhitungan skor rata-rata untuk variabel peran serta komite sekolah perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan prestasi guru termasuk pada kualifikasi tinggi (2) ada hubungan positif yang signifikan antara peran serta komite sekolah dengan prestasi guru di SMAN se- Kota Malang (3) adanya hubungan yang signifikan variabel perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi guru di SMAN se- Kota Malang (4) terdapat hubungan positif yang signifikan secara simultan variabel partisipasi komite sekolah dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi guru di SMAN se- Kota Malang (5) peran serta komite sekolah mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap prestasi guru di SMAN se- Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti dapat memberikan saran (1) bagi pihak sekolah untuk berusaha meningkatkan prestasi para guru dengan menerapkan pendekatan perilaku kepemimpinan yang berorientasi tugas dan kepemimpinan yang berorientasi pada hubungan manusia sehingga para guru dapat melaksanakan aktivitas di sekolah sesuai dengan ketentuan yang diharapkan dan (2) bagi pihak komite diharapkan selalu berperan aktif sebagai pemberi pertimbangan pendukung pengawas dan mediator sehingga seluruh aktivitas elemen-elemen yang terdapat disekolah dapat menjalankan program sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Oct 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |