Susanti, Shinta Dewi (2023) Eksplorasi penguasaan konsep dan kemampuan metakognitif siswa melalui model discovery learning terintegrasi stem pada materi teori kinetik gas / Shinta Dewi Susanti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengintegrasian model pembelajaran yang tepat dapat mendorong perkembangan metakognitif skill salah satunya menggunakan model Discovery Learning. Dibuktikan dari penelitian hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan LKS berbasis Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan metakognitif dan hasil belajar siswa. Selain menggunaka78n model pembelajaran discovery learning penggunaan metakognitif skill sangat cocok untuk meningkatkan kompetensi pemodelan matematika terutama bagi seseorang yang baru dalam bidang STEM. Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis STEM memberikan pengaruh yang besar terhadap pembelajaran dalam hal ini mampu meningkatkan kemampuan metakognisi siswa. Tetapi jarang pemeriksaan tentang peran metakognitiff skill pada tahap perolehan konsep yang dimiliki oleh siswa. Sementara itu penegasan pada konstruksi penguasaan konsep oleh praktisi discovery learning terintegrasi STEM tidak ada gambaran yang jelas. Desain penelitian yang digunakan adalah Embedded Experimental Model. Penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design untuk memperoleh data kuantitatif dimana dalam desain ini terdapat satu kelompok eksperimen yang dipilih dengan mengukur penguasaan konsep dan kemampuan metakognitif siswa. Penguasaan konsep dan kemampuan metakognitif siswa diukur dengan pretest untuk mengetahui keadaan awal diberi perlakuan Model pembelajaran Discovery Learning terintegrasi STEM dan terakir diberikan posttest untuk mengukur penguasaan konsep. Sedangkan penelitian kualitatif pada penelitian ini menggunakan wawancara yang dilakukan sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Penelitian dilaksanakan dengan subjek penelitian siswa kelas XI Merdeka 4 di SMAN 1 Dolopo yang sedang menempuh materi teori Kinetik Gas pada semester ganjil 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa kemampuan metakognitif siswa kelas XI Merdeka 4 setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning terintegrasi stem berdasarkan perhitungan peningkatan penguasaan konsep siswa menggunakan N-gain diperoleh hasil sebesar 0 61 dengan kategori medium atas yang artinya erjadi kenaikan nilai rata-rata penguasaan konsep siswa pada materi teori kinetik gas. Deskripsi hasi kemampuan metakognitif siswa meliputi planning skills monitoring skills dan evaluating skills. Hasil kemampuan metakognitif siswa yang semula pada pretest dalam kategri cukup berkembang dan berkembang mengalami peningkatan menjadi berkembang pada saat posttest. Peningkatan terjadi pada monitoring skills yang semula pada pretest mendapatkan kategori cukup berkembang berubah menjadi berkembang pada postest.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322899 |
Actions (login required)
View Item |