Pengembangan sistem asesmen berbasis web berformat five tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi fluida /&nbsp;Alifudin Khumaidi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem asesmen berbasis web berformat five tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi fluida /&nbsp;Alifudin Khumaidi</p>

Khumaidi, Alifudin (2023) Pengembangan sistem asesmen berbasis web berformat five tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi fluida /&nbsp;Alifudin Khumaidi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi sistem asesmen berbasis web dengan format five-tier serta mengidentifikasi profil miskonsepsi siswa pada materi fluida. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R amp D) dengan model 4D (Define Design Develop Disseminate). Populasi penelitian ini terdiri dari 78 siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Pasuruan. Data dikumpulkan melalui tes survei dan wawancara. Hasil tes dan wawancara digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa sementara survei digunakan untuk mengevaluasi kelayakan asesmen berbasis web yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem asesmen berbasis web dengan format five-tier telah berhasil dikembangkan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Sistem ini terdiri dari instrumen tes diagnostik yang mencakup beberapa tingkat termasuk pertanyaan konseptual dengan pilihan jawaban yang benar dan salah tingkat keyakinan terhadap jawaban pilihan alasan yang beragam dan pertanyaan pilihan yang menggambarkan pemikiran siswa dalam memilih jawaban. Uji kelayakan produk dilakukan melalui tahap uji ahli uji keterbacaan dan uji karakteristik produk termasuk validitas reliabilitas tingkat kesulitan dan daya pembeda soal. Berdasarkan hasil uji kelayakan 14 soal dinilai layak untuk digunakan dalam mengidentifikasi pemahaman konsep siswa. Profil pemahaman konsep siswa yang teridentifikasi menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pemahaman konsep yang baik atau sebagian namun juga terdapat persentase siswa yang tidak memahami konsep atau mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi yang paling dominan terjadi pada sub konsep gaya apung (hukum Archimedes) dengan persentase yang signifikan sementara miskonsepsi yang paling sedikit terjadi pada sub konsep hukum Bernoulli. Salah satu miskonsepsi yang umum adalah anggapan bahwa semakin dalam suatu titik dalam fluida gaya apung yang dialami semakin besar yang disebabkan oleh pemikiran pribadi dan pemahaman intuitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian kelayakan serta penerapan menunjukkan bahwa penggunaan sistem asesmen berbasis web dengan format five-tier dapat memberikan informasi yang berguna dalam mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Dengan demikian pendekatan ini dapat membantu guru dalam merancang strategi pengajaran yang lebih efektif dan tepat sasaran untuk memperbaiki pemahaman konsep siswa. Selain itu pengembangan tes diagnostik berformat five-tier pada materi fisika lainnya juga memiliki potensi untuk mengungkap profil pemahaman konsep siswa secara lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322898

Actions (login required)

View Item View Item