Permana, I Putu Yogi Setia (2023) Kemampuan berpikir kreatif dan argumentasi ilmiah dalam pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis stem dengan berbantuan media simulasi virtual pada materi momentum dan impuls di Sekolah Menengah Atas / I Putu Yogi Setia Permana</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir kreatif dan argumentasi ilmiah merupakan kemampuan yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Namun penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan argumentasi ilmiah siswa masih rendah. Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa tentang momentum dan impuls sangat membantu siswa dalam mempelajari materi fisika. Namun pembelajaran berbasis masalah dengan STEM dan media simulasi virtual (PBL-STEM-MSV) masih jarang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Pembelajaran PBL-STEM dengan media simulasi virtual (MSV) diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan argumentasi ilmiah materi momentum dan impuls. PBL merupakan suatu model dalam pembelajaran yang berfokus pada siswa dengan mengarahkan siswa menjadi pembelajar mandiri yang terlibat langsung secara aktif dalam pembelajaran berkelompok. Integrasi pendekatan STEM dalam pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk merasakan pengalaman belajar pada dunia nyata pada konteks multisipliner dan memfokuskan pada penyelesaian masalah sehari-hari dengan adanya simulasi virtual siswa dapat membangun kemampuan analisis berpikir kompleks menghubungkan varibael menguraikan materi dan membuat kesimpulan. Melalui pembelajaran yang aktif dan bermakna siswa akan terbantu dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan argumentasi ilmiahnya. Dengan demikian telah dilakukan penelitian dengan tujuan (1) meningkatkan kemampuan berpikir kreatif fisika siswa kelas X Sekolah Menengah Atas materi momentum dan impuls melalui penggunaan problem based Learning-STEM dengan media simulasi virtual (MSV) dan (2) meningkatkan argumentasi ilmiah siswa kelas X Sekolah Menengah Atas materi momentum dan impuls melalui penggunaan problem based Learning-STEM dengan media simulasi virtual (MSV). Beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan argumentasi ilmiah seperti siswa mengajukan banyak pertanyaan dan memberikan beberapa jawaban menyampaikan banyak gagasan/ide dalam menyelesaikan masalah mengembangkan ide dalam bentuk prototipe menyampaikan hasil percobaan dan mempresentasikannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja. Studi ini dilakukan di kelas X Sekolah Menengah Atas selama semester ganjil 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 yang berjumlah 28 orang. Materi yang disampaikan pada penelitian ini adalah momentum dan impuls. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kreatif dan argumentasi ilmiah. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif tentang momentum dan impuls berupa 4 soal esai dengan reliabilitas cronbach s alpha 0 610 (kategori tinggi) dan instrumen tes kemampuan argumentasi ilmiah tentang momentum dan impuls berupa 8 soal esai dengan reliabilitas Cronbach s alpha 0 740 (kategori sangat tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PBL-STEM dengan media simulasi virtual (MSV) meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa secara signifikan pada materi momentum dan impuls naik dari nilai rata-rata 36 03 menjadi 81 76. Hasil uji Wilcoxon dengan nilai Z -4 464 dan asymp. Sig (2-tailed) dengan nilai p-value 0.000 lt 0 05 dan nilai N-Gain 0 61 menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir siswa tentang materi momentum dan impuls. Pembelajaran PBL-STEM dengan media simulasi virtual (MSV) berdampak meningkatkan kemampuan berpikir siswa dilihat dari nilai effect size 3 05 dan masuk kategori sangat kuat. Sebelum pembelajaran dilaksanakan siswa berada pada tingkat kreatif yang kurang kemudian setelah pembelajaran siswa berada pada tingkat kreatif. Namun setelah pembelajaran siswa masih kesulitan berpikir luwes terkait peristiwa yang menunjukkan konsep impuls selain itu kurangnya kemampuan siswa dalam memahami model representasi yang diberikan dalam soal dan membuat representasi berdasarkan masalah tersebut. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PBL-STEM dengan media simulasi virtual (MSV) menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi momentum dan impuls dengan nilai rata-rata naik dari 31 79 menjadi 69 43. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa untuk berargumentasi tentang materi momentum dan impuls. Nilai t sebesar -21 674 asymp. Sig (2-tailed) nilai p-value 0.000 lt 0 05 serta nilai N-Gain sebesar 0 56 (kategori sedang) dan effect size sebesar 2 912 (kategori sangat kuat) menunjukkan bahwa penerapan PBL-STEM bersama dengan media simulasi virtual (MSV) dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Siswa mampu mencapai tingkat argumentasi ilmiah level 5. Siswa masih mengalami kesulitan seperti belum sepenuhnya memahami konsep impuls-momentum ketidakmampuan siswa dalam memberikan bukti serta memberikan sanggahan pada pertanyaan yang diberikan. PBL-STEM dengan media simulasi virtual (MSV) dapat digunakan untuk topik fisika lainnya namun topik tersebut perlu dipertimbangkan agar sesuai dengan metode pembelajaran. Pada Penelitian selanjutnya diharapkan lebih optimal dalam memberikan multirepresentasi PBL-STEM dengan media simulasi virtual (MSV) dalam pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322897 |
Actions (login required)
View Item |