Fernando, Trio Junira (2023) Keterampilan scientific reasoning dan keterampilan scientific argumentation siswa dengan model project based inquiry learning terintegrasi hots-steam pada materi fluida statis / Trio Junira Fernando</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan scientific reasoning dan keterampilan scientific argumentation dianggap sebagai fondasi penting dalam pendidikan sains khususnya dalam konteks pembelajaran fisika. Keduanya menjadi tujuan utama dalam pengembangan pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap konsep fisika. Keterampilan scientific reasoning mendukung keterampilan scientific argumentation. Beberapa studi menunjukkan bahwa keterampilan scientific reasoning dan keterampilan scientific argumentation seringkali kurang optimal pada siswa terutama pada topik fluida statis. Ketidakmampuan siswa dalam menerapkan kedua keterampilan ini sering kali menghambat kemampuan mereka dalam memecahkan masalah fisika yang berkaitan dengan topik tersebut. Sebagai respons terhadap tantangan ini berbagai upaya telah dilakukan seperti merancang metode pembelajaran berbasis penemuan dan berbasis proyek yang memberikan fokus pada siswa (student-centered learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh model Project Based Inquiry Learning (PIL) yang terintegrasi dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan pendekatan Science Technology Engineering Arts dan Mathematics (STEAM) dalam meningkatkan keterampilan scientific reasoning dan scientific argumentation siswa pada topik fluida statis. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan desain embedded experimental model melibatkan desain eksperimen quasi experiment-control group pretest and posttest design. Subjek penelitian terdiri dari siswa Fase F kelas XI.4 (kelas eksperimen) dan XI.7 (kelas kontrol) di SMAN 1 Bantaeng Sulawesi Selatan masing-masing 36 siswa. Perlakuan untuk kelas eksperimen menggunakan model PIL terintegrasi HOTS-STEAM sementara kelas kontrol menggunakan model PIL. Instrumen penelitian mencakup alur tujuan pembelajaran modul ajar dan lembar kerja siswa sebagai instrumen pembelajaran serta 6 soal essay untuk mengukur keterampilan scientific reasoning ( alpha 0 76) dan 5 soal essay untuk mengukur keterampilan scientific argumentation ( alpha 0 78) sebagai instrumen pengukuran. Analisis statistik kuantitatif menggunakan paired samples t-test untuk menilai pengaruh pembelajaran N-Gain untuk mengukur peningkatan keterampilan siswa dan Cohen rsquo s d-effect size untuk mengevaluasi dampak pembelajaran. Analisis kualitatif melibatkan wawancara semi-terstruktur dan pengamatan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PIL terintegrasi HOTS-STEAM memberikan dampak positif pada peningkatan keterampilan scientific reasoning dan keterampilan scientific argumentation siswa dengan N-Gain masing-masing sebesar 0 76 dan 0 59 yang berada pada kategori tinggi dan sedang. Hal ini diperkuat oleh nilai Cohen rsquo s d-effect size yang tinggi yaitu 5 71 dan 4 64. Meskipun kelas kontrol yang menggunakan model PIL juga mengalami peningkatan namun tidak sebaik kelas eksperimen. Secara keseluruhan keterampilan scientific reasoning dan keterampilan scientific argumentation siswa meningkat secara signifikan terbukti dengan nilai signifikansi uji paired samples t-test lt 0 05 pada keduanya. Keberhasilan peningkatan keterampilan siswa kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Temuan kuantitatif didukung oleh hasil kualitatif melalui wawancara siswa di mana mereka mampu menjelaskan dengan baik apa yang telah mereka tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah mampu menerapkan keterampilan yang terlibat dalam investigasi eksplorasi analisis temuan evaluasi dan pembuatan kesimpulan yang mendukung keterampilan scientific reasoning. Penelitian ini juga berhasil mengeksplorasi keterampilan siswa yang mampu untuk mendukung pernyataan mengaitkan informasi dan mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari yang mendukung keterampilan scientific argumentation.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |