Mochsif, Nadya Dewi Arofah (2022) Pengaruh model adi dengan asesmen formatif terhadap peningkatan scientific reasoning dan penguasaan konsep siswa pada materi kalor / Nadya Dewi Arofah Mochsif</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Scientific reasoning dan penguasaan konsep dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan fisika dan memahami materi fisika khususnya pada materi kalor. Namun scientific reasoning dan penguasaan konsep siswa pada materi kalor masih belum optimal karena materi ini erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu solusi untuk meningkatkan scientific reasoning dan penguasaan konsep siswa adalah menerapkan pembelajaran berbasis argument driven inquiry (ADI) dengan asesmen formatif (AF). Tujuan penelitian ini adalah melihat peningkatan scientific reasoning dan penguasaan konsep siswa khususnya pada materi kalor dengan menggunakan model ADI dengan asesmen formatif. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan desain embedded experimental. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI IPA di SMAN 8 Malang yang terbagi dalam 2 kelas yaitu 18 siswa kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional dan 18 siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran ADI dengan asesmen formatif. Instrumen yang digunakan untuk scientific reasoning berupa pilihan ganda two-tier materi kalor sebanyak 15 butir soal dengan reliabilitas 0 746 sedangkan untuk instrumen penguasaan konsep berupa tes pilihan ganda beralasan sebanyak 8 butir soal dengan reliabilitas 0 665. Instrumen tes ini diberikan pada sesi pretest dan posttest. Data kuantitatif hasil scientific reasoning dan penguasaan konsep diuji dengan menggunakan independent sampel t-test. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan data reduction coding dan interpretation. Hasil analisis menunjukkan bahwa N-Gain scientific reasoning pada kelompok ADI dengan asesmen formatif sebesar 0 33 yang tergolong dalam kategori sedang sedangkan kelompok kontrol sebesar 0 24 dan tergolong dalam kategori rendah dengan effect size 0 39 (sedang). Sedangkan hasil analisis independent sample t-test menunjukkan perolehan konsep N-Gain sebesar 0 55 (kategori sedang) sedangkan kelas kontrol sebesar 0 33 (kategori sedang) dengan effect size 2 38 (standart). Dapat disimpilkan bahwa model ADI dengan asesmen formatif mampu meningkatkan scientific reasoning dan penguasaan konsep siswa. Namun pembelajaran yang dilakukan kurang maksimal karena pembelajaran belum maksimal pada tahap pembimbingan dan kegiatan argumentasi. Sehingga perlu dilakukan penelitian lain yang lebih baik lagi sesuai dengan sintaks ADI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |