Wahyuni, Tri Wahyuni (2022) Pembelajaran project based learning terintegrasi stem terhadap scientific literacy pada topik fluida dinamis / Tri Wahyuni</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Era 4.0 menuntut adanya inovasi dan peningkatan teknologi pada pembelajaran di sekolah. Tidak hanya itu siswa khusunya diharuskan memiliki kemampuan literasi sains dimana siswa dapat berpikir dengan kritis kreatif dan mampu memecahkan masalah. Kemampuan literasi sains ini merupakan tingkat pemahaman terhadap sains dan teknologi dengan mengintegrasikan berbagai bidang ilmu sebagai bentuk investigasi ilmiah. Faktanya menunjukkan kemampuan literasi siswa di Indonesia rendah. Siswa kurang mampu menghubungkan pelajaran yang diperoleh di sekolah dengan masalah yang mereka temui. PjBL terintegrasi STEM merupakan kombinasi model pembelajaran dan pendekatan yang membuat pembelajaran lebih bermakna dengan mengintegrasikan berbagai bidang ilmu. Integrasi yang dimaksud adalah ilmu sains teknologi teknik dan matematika. Siswa dapat berperan langsung dalam proses memberikan inovasi. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method tipe embedded experimental design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Sumberpucung tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PjBL terintergrasi STEM terdahap kemampuan literasi sains. Instrumen tes yang digunakan memiliki nilai reliabilitas sebesar 0 606. Hasil tes literasi sains ini kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Selain itu penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur untuk mendukung data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0 006 lt 0 05 yang berarti terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Perbedaan ini dibuktikan dari adanya peningkatan nilai pretest dan posttest dengan n-gain sebesar 0 029 dalam kategori rendah dan nilai effect size sebesar 0 68 dalam kategori sedang. Hal ini didukung oleh hasil analisis wawancara yang menyatakan bahwa melalui pembelajaran PjBL terintegrasi STEM siswa lebih familiar terhadap fenomena sehari-hari. Selain itu siswa secara langsung dalam merencanakan proyek. Sehingga siswa termotivasi dan dapat memaksimalkan pengetahuan yang dimiliki untuk memberikan inovasi. Tidak hanya itu berdasarkan wawancara dengan guru fisika yang menyatakan bahwa melalui PjBL terintergrasi STEM siswa lebih percaya diri dalam unjuk kebolehan lewat hasil proyek yang dikerjakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |