Pengembangan e-module berbasis model pembelajaran role-playing dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa Kelas xi SMA pada materi fluida dinamis / Christina Martha</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis model pembelajaran role-playing dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa Kelas xi SMA pada materi fluida dinamis / Christina Martha</p>

Martha, Christina (2023) Pengembangan e-module berbasis model pembelajaran role-playing dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa Kelas xi SMA pada materi fluida dinamis / Christina Martha</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fluida dinamis merupakan dasar ilmu dari pengembangan teknologi energi terbarukan yang penting untuk dikuasai. Namun siswa masih sering mengalami kesulitan dalam menguasai konsep dan memecahkan masalah pada materi ini. Terkait masalah ini dibutuhkan pengembangan media pembelajaran e-module berbasis model pembelajaran role-playing dengan pendekatan saintifik pada materi fluida dinamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji validitas dan kepraktisan e-module dan efektifitasnya dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R amp D model ADDIE untuk mengembangkan media serta desain penelitian pre-test-post-test control group quasi experimental design untuk mengetahui efektifitasnya. Populasi penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas kontrol dan 30 siswa kelas eksperimen. Setiap siswa diberikan soal pre-test dan post-test penguasaan konsep dalam bentuk pilihan ganda dan kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk uraian. Jawaban siswa dianalisis dengan statistik deskriptif uji Wilcoxon dan uji N-gain. Selain itu siswa kelas eksperimen diberikan kuesioner respon untuk mengetahui kepraktisan media dan wawancara pada beberapa siswa terkait pengalaman menggunakan e-module. E-module ini memiliki nilai validitas rata-rata sebesar 71% (tinggi) dan kepraktisan rata-rata sebesar 79% (praktis). Dimana efektifitas media untuk meningkatkan penguasaan konsep kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0 69 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0 46 (sedang). Selain itu peningkatan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen juga lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0 59 (intermediate) dan kelas kontrol sebesar 0 28 (novice). Hal ini dikarenakan siswa kelas eksperimen dapat belajar secara mandiri intensif dan berulang menggunakan e-module sehingga siswa dapat membangun konsep melalui tahapan pendekatan saintifik. Sehingga jika diberikan soal kemampuan pemecahan masalah mereka dapat menggunakan strategi yang mereka miliki berdasarkan konsep yang telah dikuasai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322884

Actions (login required)

View Item View Item