Nurilma, Faizuna Roudhotin (2023) Pengembangan multimedia 3d berbasis stem guna meningkatkan pemahaman konseptual dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gerak melingkar beraturan / Faizuna Roudhotin Nurilma</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemahaman konseptual dan kemampuan berpikir kritis siswa yang masih rendah menjadi kendala dalam pembelajaran fisika materi gerak melingkar beraturan. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan multimedia 3D berbasis STEM yang layak dan efektif meningkatkan pemahaman konseptual dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak melingkar beraturan. Penelitian dan pengembangan ini menerapkan model ADDIE. Pengambilan data efektivitas produk dilakukan dengan menerapkan desain penelitian kuasi eksperimen dan dilaksanakann dalam empat kali pembelajaran tatap muka di kelas. Analisis data dilakukan secara kuantitatif melalui uji validitas produk uji kepraktisan produk uji efektivitas produk dan uji hipotesis. Hasil penelitian dan pengembangan multimedia 3D berbasis STEM diperoleh 1) multimedia 3D berbasis STEM valid (87%) dan praktis (93%) untuk diterapkan dalam pembelajaran fisika materi GMB 2) penggunaan multimedia 3D berbasis STEM efektif (78 7%) meningkatkan pemahaman konseptual dan cukup efektif (56 1%) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak melingkar beraturan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia 3D berbasis STEM efektif untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa dan cukup efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga layak digunakan sebagai multimedia pembelajaran gerak melingkar beraturan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322883 |
Actions (login required)
View Item |