Herdhiyani, Ari Dhinansah (2023) Eksplorasi identitas guru sains melalui pengalaman hidup: studi kasus pada guru fisika SMPP di Pasuruan / Ari Dhinansah Herdhiyani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Identitas guru membentuk sikap keyakinan dan praktik guru. Hal ini dibentuk melalui pengalaman pribadi profesional serta budaya guru tersebut. Pemahaman pembentukan identitas guru sains penting untuk perkembangan profesionalitas guru. Namun penelitian tentang identitas guru sains di Indonesia masih sangat terbatas selain itu penelitian yang berfokus pada pembentukan identitas guru sains sepanjang hidupnya juga masih sedikit. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana tiga guru sains memaknai pengalaman sains sejak masa kanak-kanak hingga kehidupan profesionalnya dan dimensi-dimensi apa saja yang membentuk identitas guru sains mereka. Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus kualitatif. Kasus yang dipilih penelitian ini merupakan tiga guru mata pelajaran sains yang memiliki latar belakang Pendidikan Fisika dengan karakterisktik yang berbeda. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara. Pedoman wawancara memuat pertanyaan mengenai pengalaman pribadi guru sains di berbagai konteks Figured Worlds yaitu pengalaman keluarga/kecil sekolah luar sekolah universitas ilmu pengetahuan dan profesi. Analisis data dilakukan dengan bantuan NVIVO dengan teknik line-by-line yang kemudian memunculkan dimensi-dimensi yang membentuk identitas guru sains. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang dan hubungan keluarga membentuk identitas pribadi guru sains. Pengalaman belajar sains semasa sekolah mempengaruhi kecintaan dan minat guru pada sains. Pengalaman belajar fisika guru di dalam maupun di luar kelas saat menjadi mahasiswa mempengaruhi pendalaman materi fisika dan kemampuan mengajar mereka. Identitas profesional guru lebih banyak berkembang pada guru yang mengikuti program pengembangan profesional dan kompetisi. Hal ini mengakibatkan pembentukan kembali pandangan cara mengajar dan posisi guru sains. Dimensi yang muncul dalam konstruksi identitas guru adalah self-of-sense agensi subject known matter filosofi pembelajaran pribadi emosi positioning gender dan religion.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |