Pemahaman konsep dan literasi numerasi siswa pada stem project based blanded learning materi fluida dinamis / Gepi Sartianis</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman konsep dan literasi numerasi siswa pada stem project based blanded learning materi fluida dinamis / Gepi Sartianis</p>

Sartianis, Gepi (2022) Pemahaman konsep dan literasi numerasi siswa pada stem project based blanded learning materi fluida dinamis / Gepi Sartianis</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran fisika sangat diperlukan dalam pemahaman konsep terutama pada materi fluida. Menurut Rofiqah (2020) siswa yang memahami konsep akan lebih mudah menyelesaikan masalah dengan banyak cara. Pemahaman konsep tidak cukup jika literasi numerasi siswa masih kurang karena pada tahun 2020 Kemendikbud telah mengganti ujian nasional menjadi AKM yaitu salah satu aspek penilaiannya adalah kemampuan literasi numerasi siswa. Menurut Parno (2021) STEM yang berbasis project mampu meningkatkan pemahaman siswa dan pembelajaran akan lebih menarik dengan adanya project sehingga siswa lebih memahami konsep dan mampu menerapkan literasi numerasi dengan project tersebut. Sehingga diperlukan upaya meningkatkan pemahaman konsep dan literasi numerasi melalui penerapan STEM project based blanded learning materi fluida dinamis. Penelitian ini menggunakan mixed methods embedded design. Metode pengumpulan data dengan metode kuantitatif dan kualitatif dengan data kualitatif berperan sebagai pendukung data kuantitatif. Rancangan penelitian ini berdasarkan desain penelitian mixed methods embedded design. Penelitian dilakukan di kelas XI MIPA dengan jumlah 32 siswa. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes dan wawancara. Tes meliputi tes berupa 8 soal pilihan ganda beralasan untuk mengukur pemahaman konsep dan 10 soal campuran untuk mengukur kemampuan literasi numerasi. Hasil jawaban siswa dianalisis paired sample t-test N-Gain dan Effect Size. Hasil wawancara dilakukan dengan direduksi dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran STEM project base blended learning mengalami peningkatan ditunjukkan oleh skor postest. Peningkatan hasil pembelajaran ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 0 89 dalam kategori tinggi dan effect size sebesar 0 72 dengan kategori moderat effect. Terdapat perbedaan pretest dan postest ditunjukkan oleh paired samples t-test. Selain itu peningkatan dapat terlihat berdasarkan hasil wawancara. Siswa mampu mendeskripsikan konsep fluida dinamis yang telah dipelajari. Kategori pemahaman konsep siswa berubah menjadi tinggi. Literasi numerasi siswa dalam pembelajaran STEM project base blended learning mengalami peningkatan pada skor postest dengan N-Gain sebesar 0 92 dalam kategori tinggi dan effect size sebesar 1 75 dengan kategori strong effect. Selain itu peningkatan dapat terlihat berdasarkan hasil wawancara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322877

Actions (login required)

View Item View Item