Pratama, Neng Dyah Surya (2023) Pengembangan formative feedback berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi / Neng Dyah Surya Pratama</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pratama Neng Dyah Surya. 2022. Pengembangan Formative Feedback Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan benda tegar dan Dinamika Rotasi. Thesis Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sentot Khusairi S.Pd M Si (II) Khusaini S.Pd M.Ed. Kata Kunci Pemahaman Konsep Formative Feedback Multimedia Interaktif Kesetimbangan benda tegar dan Dinamika Rotasi Kemampuan pemahaman konsep diperlukan pada materi fisika yang fundamental salah satunya kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi. Materi ini penting dipahami karena materi dasar dalam fisika yang harus dikuasai sebelum materi berikutnya serta materi ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Akan tetapi peserta didik masih kesulitan memahami materi tersebut. Salah satu cara membantu peserta didik terhindar dari kesulitan tersebut dalam penelitian ini dikembangkan formative feedback berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan dan mendeskripsikan kelayakan kepraktisan dan efektifitas formative feedback berbasis multimedia interaktif serta mengetahui kesulitan dan kemudahan materi yang dimiliki peserta didik Jenis penelitian ini adalah Research amp Development. Dimana produk yang dihasilkan berupa formative feedback berbasis multimedia interaktif materi kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis Design Development Implementation and Evaluations). Subjek penelitian peserta didik SMAN 2 Pamekasan kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 dengan teknik probability sampling. Instrumen data berupa soal essai studi pendahuluan soal pretest posttest soal pemahaman konsep dalam program lembar validasi soal dalam program lembar validasi program lembar validasi buku panduan lembar wawancara terbuka dan lembar angket respon peserta didik. Desain uji coba produk menggunakan pretest posttest control group design. Teknik analisis data berupa uji normalitas uji homogenitas uji independent sample t-Test effect size dan N-gain. Formative feedback berbasis multimedia interaktif berhasil dikembangkan dalam penelitian ini. Program ini layak dan praktis (91.3%) untuk diberikan ke peserta didik. Terdapat perbedaan signifikan skor pretest dan posttest (p 0 000 lt 0 05 N-gain 0 31021) yang artinya program ini dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik materi kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi dan efektif memfasilitasi semua peserta didik. Kesulitan yang masih dimiliki peserta didik yaitu menganalisis dan besar dan arah percepatan sudut pada bandul kurang memahami konsep kinematika rotasi pada bandul membedakan antara kelajuan sudut dan kelajuan linier menganalisis arah dan besar kecepatan sudut kurang dalam memahami persamaan torka kerancuan dalam penggunaan kaidah tangan kanan. Kemudahan peserta didik setelah menggunakan program terjadi pada materi kinematik rotasi torka hubungan torka dan percepatan sudut dan hukum kekekalan momentum sudut. Saran penelitian lebih lanjut pengembangan program dengan materi lain di fisika subjek uji coba lebih banyak menerapkan program dalam setiap pertemuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322876 |
Actions (login required)
View Item |