Setiyoaji, Wahyudha Tri (2022) Pengembangan e-modul terintegrasi <em>virtual laboratory</em> dan soal hots untuk meningkatkan penguasaan konsep & kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor / Wahyudha Tri Setiyoaji</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Suhu dan kalor merupakan salah satu materi yang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesalahan konsep dan memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas dan kepraktisan dari e-modul terintegrasi virtual lab dan soal hots serta mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE (Analysis Design Development Implementation and Evaluation) dengan uji efektivitas menggunakan quasi experimental design dengan desain pretest dan posttest design. Materi dan media yang digunakan dalam penelitian ini divalidasi oleh 1 dosen Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 siswa X IPA di SMA An-Nur Bululawang. Pengumpulan data dilakukakan melalui tes survei dan observasi. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pre-test dan post-test. Jawaban siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif independent sample t-test dan N-gain test. Hasil survei dianalisis dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis survei dan observasi digunakan untuk mengetahui kepraktisan e-modul. Kelayakan e-modul diperoleh dari hasil validitas dan kepraktisan. Berdasarkan hasil validitas dengan ahli diperoleh hasil rata-rata sebesar 91 47 % berarti e-modul dinyatakan sangat valid. Kepraktisan e-modul diperoleh dari hasil empiris sebesar 88 4% (kategori sangat baik). Peningkatan penguasaan konsep pada kelas eksperimen nilai N-gain sebesar 80.1% (kategori tinggi) dan kelas kontrol sebesar 65.5% (kategori sedang). Hasil analisis kemampuan berpikir kritis dapat dilihat melalui nilai N-gain sebesar 80% (kategori tinggi) kelas eksperimen dan nilai N-gain sebesar 71.4% (kategori sedang) pada kelas kontrol. Peningkatan tersebut juga ditunjukkan melalui analisis independent sample t-test (p 0.000) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa e-modul layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena dapat membantu siswa dalam menguasai konsep dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |