Umrotul (2022) Peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa pada materi gerak lurus menggunakan learning cycle 5e berbasis multirepresentasi / Umrotul</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penguasaan konsep merupakan kemampuan dasar yang dibutuhkan siswa untuk meningkatkan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pendidikan abad 21 yaitu kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan-kesulitan masih ditemui siswa dalam menyelesaikan masalah konsep. Model Learning Cycle 5E dan pendekatan multirepresentasi diketahui dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa namun pendekatan multirepresentasi dalam model ini belum banyak ditemukan. Oleh karena itu Learning Cycle 5E berbasis multirepresentasi digunakan dalam penelitian ini untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa pada materi gerak lurus. Untuk melihat efektifitasnya peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa dibandingkan dengan peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa belajar dengan model Learning Cycle 5E. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan rancangan Non-Equivalent Control-Group Design. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas X IPA yang terdiri dari 25 siswa kelompok eksperimen dan 24 siswa kelompok kontrol di salah satu SMA di kabupaten Pasuruan. Data kuantitatif berasal dari tes penguasaan konsep dan tes kemampuan representasi. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan perhitungan N-Gain D-Effect Size dan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Learning Cycle 5E berbasis multirepresentasi memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep kemiringan grafik dan menganalisis kecepatan berdasarkan representasi diagram gerak daripada model Learning Cycle 5E. Kesulitan yang banyak ditemui siswa adalah menganalisis jarak tempuh perpindahan dan kelajuan sesaat berdasarkan representasi tabel. Model Learning Cycle 5E berbasis multirepresentasi juga memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap peningkatan kemampuan representasi tabel daripada model Learning Cycle 5E. Representasi yang paling sulit dibangun siswa adalah diagram gerak dilengkapi vektor kecepatan. Penelitian merekomendasikan agar modul interaktif berbasis multirepresentasi perlu dikembangkan dan digunakan dalam model Learning Cycle 5E berbasis multirepresentasi dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa pada materi gerak lurus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |