Efektivitas pembelajaran multirepresentasi berbantuan bahan ajar yang dilengkapi simulasi komputer untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa calon guru fisika pada materi gelombang mekanik / Widya Rohmawati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran multirepresentasi berbantuan bahan ajar yang dilengkapi simulasi komputer untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa calon guru fisika pada materi gelombang mekanik / Widya Rohmawati</p>

Rohmawati, Widya (2022) Efektivitas pembelajaran multirepresentasi berbantuan bahan ajar yang dilengkapi simulasi komputer untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa calon guru fisika pada materi gelombang mekanik / Widya Rohmawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa calon guru fisika harus memiliki penguasaan konsep yang baik tentang materi gelombang mekanik. Banyak mahasiswa mengalami kesulitan ketika mempelajari topik gelombang mekanik yaitu ketika memahami (1) persamaan gelombang (2) hubungan antara dan (3) cepat rambat gelombang (4) fase sudut fase dan beda fase (5) frekuensi gelombang (6) gerak partikel medium (7) energi gelombang serta (8) keras lemah bunyi. Pembelajaran multirepresentasi berbantuan bahan ajar yang dilengkapi simulasi komputer dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari pembelajaran yang diterapkan dalam meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa calon guru fisika pada materi gelombang mekanik. Penelitian ini menggunakan mixed method embedded experimental design dengan one group pretest posttest design. Subjek penelitian terdiri dari 25 mahasiswa calon guru fisika angkatan 2020 offering D Universitas Negeri Malang yang mengikuti perkuliahan Fisika Dasar. Instrumen penelitian menggunakan 20 soal pilihan ganda beralasan. Analisis kuantitatif didasarkan pada statistik deskriptif uji beda skor pretest dan posttest N-gain dan d-effect size. Analisis kualitatif didasarkan pada alasan mahasiswa ketika menjawab soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor penguasaan konsep mahasiswa meningkat dari rata-rata 22 0 menjadi 81 8 dengan nilai d-effect size sebesar 4 94 (kategori tinggi sekali) dan N-gain sebesar 0 77 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil pretest sebelum diterapkan pembelajaran seluruh mahasiswa mengalami kesulitan pada materi gelombang mekanik yaitu meliputi 8 topik yang sesuai dengan hasil studi literatur di latar belakang penelitian. Pembelajaran multirepresentasi menggunakan bahan ajar berbantuan simulasi komputer terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa calon guru fisika pada materi gelombang mekanik. Konsep-konsep yang paling meningkat yaitu pada sub materi persamaan gelombang serta pada sub materi fase sudut fase dan beda fase. Kesulitan yang masih dialami mahasiswa yaitu pada sub materi cepat rambat gelombang dan frekuensi gelombang. Untuk penelitian selanjutnya penggunaan aplikasi komputer secara langsung untuk simulasi gelombang hendaknya dapat diakses oleh seluruh mahasiswa agar pembelajaran menjadi semakin bermakna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322870

Actions (login required)

View Item View Item