Kusumaningrum, Rahma Widya (2022) Kemampuan argumentasi ilmiah dan pemecahan masalah siswa SMA melalui model problem based learning (pbl) disertai formative feedback materi usaha dan energi / Rahma Widya Kusumaningrum</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Usaha dan energi merupakan materi fisika yang kompleks dan menekankan pemahaman terkait gaya perpindahan dan energi. Kesulitan yang dialami siswa berdampak pada kemampuan siswa memecahkan permasalahan terkait usaha dan energi serta langkah ndash langkah mengkomunikasikan solusi melalui argumentasi ilmiah. Mengingat pentingnya kemapuan pemecahan masalah dan argumentasi ilmiah siswa dibutuhkan upaya implementasi model Problem Based Learning (PBL) untuk mendukung pembelajaran di era pandemi namun dalam penerapannya masih belum ada pemberian umpan balik pada setiap tugas ndash tugas siswa. Maka dari itu penelitian ini menerapkan model Problem Based Learning (PBL) yang disertai formative feedback dan pengintegrasian teknologi ke dalam pembelajaran pada cakupan materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods dengan desain embedded experimental design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 berjumlah 35 siswa. Instrumen tes yang digunakan terdiri dari 10 soal uraian dimana soal 1-5 digunakan untuk mengukur kemampuan argumentasi ilmiah siswa dan soal 6-10 untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menghitung analisis deskriptif uji t effect size dan n-gain. Sedangkan analisis kualitatif dilakukan dengan pengumpulan data mereduksi data coding penyajian data hingga ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kemampuan argumentasi ilmiah ditunjukkan oleh N-Gain 0 52 dalam kategori medium high dan kekuatan dampak pembelajaran terhadap kemampuan ditunjukkan oleh nilai effect size 2 38 dalam kategori strong effect. Hasil kemampuan pemecahan masalah siswa ditunjukkan oleh N-Gain 0 55 dalam kategori medium atas dan effect size sebesar 1 99 dalam kategori strong effect. Hasil analisis kualitatif menunjukkan siswa mengalami peningkatan pada setiap indikator baik pada argumentasi ilmiah maupun pemecahan masalah siswa. Kesulitan rata ndash rata siswa berada pada konsep perpindahan urutan besar energy kinetik amp potensial serta menentukan gaya total.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |