Pengaruh phenomenon based distance learning berbasis multimedia untuk eksplorasi perubahan konseptual dan kemampuan penalaran ilmiah materi momentum dan impuls / Arinal Haqqo</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh phenomenon based distance learning berbasis multimedia untuk eksplorasi perubahan konseptual dan kemampuan penalaran ilmiah materi momentum dan impuls / Arinal Haqqo</p>

Haqqo, Arinal (2022) Pengaruh phenomenon based distance learning berbasis multimedia untuk eksplorasi perubahan konseptual dan kemampuan penalaran ilmiah materi momentum dan impuls / Arinal Haqqo</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran fisika atau sains pada umumnya adalah meningkatkan pemahaman konsep siswa. Selain itu siswa diharapkan memiliki keterampilan mengaplikasikan sains berupa keterampilan penalaran ilmiah. Peningkatan penguasaan konsep dan penalaran ilmiah dapat diatasi dengan Phenomenon Based Distance Learning berbatuan Multimedia dimana siswa berpartisipasi aktif membangun pengetahuan baru. Momentum dan Implus merupakan salah satu materi yang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi dan memiliki kemampuan penalaran ilmiah yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksplorasi perubahan konseptual dan melatih kemampuan penalaran ilmiah siswa melalui Phenomenon Based Distance Learning berbatuan Multimedia materi momentum dan impuls. Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Methods model embedded experimental. Subyek penelitian adalah kelas X IPA-1 SMAN 1 Sidayu Gresik dengan jumlah 27 siswa. Data dikumpulkan melalui tes wawancara dan observasi. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu saat pretest dan posttest. Jawaban siswa dikategorikan kedalam 4 kategori penguasaan konsep yang teridiri dari tidak paham spesifik miskonsepsi paham sebagian dan paham konsep dengan baik. Penalaran ilmiah dikelompokkan menjadi 5 level yaitu kemampuan siswa dalam mengurutkan data (serial ordering reasoning) kemampuan siswa dalam menerapkan teori untuk menginterpretasikan data (theoretical reasoning) kemampuan siswa dalam menganalisis hubungan fungsional (functionality reasoning) kemampuan siswa untuk mengontrol variable (control variables) dan kemampuan siswa dalam memprediksi berdasarkan data (probabilistic reasoning). Jawaban siswa yang telah dikategorikan dianalisis menggunakan N-gain effect size dan crosstabulation. Hasil wawancara dan observasi dianalisis dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Perubahan kemampuan konseptual siswa mengenai materi momentum dan impuls dapat dilihat melalui nilai effect size diperoleh nilai sebesar 4 66 (kategori kuat) dan nilai N-gain sebesar 0.607 (kategori sedang). Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penalaran ilmiah siswa meningkat. Peningkatan tersebut ditunjukkan melalui analisis N-gain sebesar 0 400 (kategori sedang) dimana nilai rata-rata posttest lebih tinggi daripada nilai pretest. Level yang diteliti dalam penalaran ilmiah hanya theoretical reasoning functionality reasoning dan control variables. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa pada umumya masih termasuk dalam pemahaman konsep dasar namun masih memiliki keterbatasan konsep kosa kata dan pemahaman. Hasil wawancara menunjukkan bahwa adanya percobaan pada Phenomenon Based Distance Learning berbatuan Multimedia dapat membantu siswa lebih memahami konsep yang dipelajari.Salah satu tujuan pembelajaran fisika atau sains pada umumnya adalah meningkatkan pemahaman konsep siswa. Selain itu siswa diharapkan memiliki keterampilan mengaplikasikan sains berupa keterampilan penalaran ilmiah. Peningkatan penguasaan konsep dan penalaran ilmiah dapat diatasi dengan Phenomenon Based Distance Learning berbatuan Multimedia dimana siswa berpartisipasi aktif membangun pengetahuan baru. Momentum dan Implus merupakan salah satu materi yang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi dan memiliki kemampuan penalaran ilmiah yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksplorasi perubahan konseptual dan melatih kemampuan penalaran ilmiah siswa melalui Phenomenon Based Distance Learning berbatuan Multimedia materi momentum dan impuls. Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Methods model embedded experimental. Subyek penelitian adalah kelas X IPA-1 SMAN 1 Sidayu Gresik dengan jumlah 27 siswa. Data dikumpulkan melalui tes wawancara dan observasi. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu saat pretest dan posttest. Jawaban siswa dikategorikan kedalam 4 kategori penguasaan konsep yang teridiri dari tidak paham spesifik miskonsepsi paham sebagian dan paham konsep dengan baik. Penalaran ilmiah dikelompokkan menjadi 5 level yaitu kemampuan siswa dalam mengurutkan data (serial ordering reasoning) kemampuan siswa dalam menerapkan teori untuk menginterpretasikan data (theoretical reasoning) kemampuan siswa dalam menganalisis hubungan fungsional (functionality reasoning) kemampuan siswa untuk mengontrol variable (control variables) dan kemampuan siswa dalam memprediksi berdasarkan data (probabilistic reasoning). Jawaban siswa yang telah dikategorikan dianalisis menggunakan N-gain effect size dan crosstabulation. Hasil wawancara dan observasi dianalisis dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Perubahan kemampuan konseptual siswa mengenai materi momentum dan impuls dapat dilihat melalui nilai effect size diperoleh nilai sebesar 4 66 (kategori kuat) dan nilai N-gain sebesar 0.607 (kategori sedang). Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penalaran ilmiah siswa meningkat. Peningkatan tersebut ditunjukkan melalui analisis N-gain sebesar 0 400 (kategori sedang) dimana nilai rata-rata posttest lebih tinggi daripada nilai pretest. Level yang diteliti dalam penalaran ilmiah hanya theoretical reasoning functionality reasoning dan control variables. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa pada umumya masih termasuk dalam pemahaman konsep dasar namun masih memiliki keterbatasan konsep kosa kata dan pemahaman. Hasil wawancara menunjukkan bahwa adanya percobaan pada Phenomenon Based Distance Learning berbatuan Multimedia dapat membantu siswa lebih memahami konsep yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322861

Actions (login required)

View Item View Item