Jalinan hubungan dalam kelompok informal dan motif bertahan dalam organisasi (studi kasus pada karyawan Hotel Gajah Mada Graha Malang) / Ummi Makkiyah

Makkiyah, Ummi (2018) Jalinan hubungan dalam kelompok informal dan motif bertahan dalam organisasi (studi kasus pada karyawan Hotel Gajah Mada Graha Malang) / Ummi Makkiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Makkiyah, Ummi. 2018. Jalinan Hubungan Dalam Kelompok Informal dan Motif Bertahan Dalam Organisasi Karyawan Hotel Gajah Mada Graha Malang. Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Afwan Hariri Agus Prohimi,S.E.,M.Si Kata Kunci: Jalinan Hubungan, Kelompok Informal, Motif Bertahan Jalinan hubungan dalam suatu organisasi memiliki peran penting agar karyawan nyaman dalam berkomuniksi dan berinteraksi antar rekan kerja. Dari proses interaksi dalam jalinan hubungan akan terbentuk kelompok-kelompok informal yang menjadi wadah karyawan dalam mengekspresikan hobi dan kedekatan antar rekan kerja. Dalam pelaksanaannya karyawan di Hotel Gajah Mada Graha Malang memiliki jalinan hubungan yang erat dan seperti keluarga. Dengan adanya jalinan hubungan yang tinggi membuat karyawan merasa berada di zona nyaman yang mengakibatkan karyawan bekerja di Hotel Gajah Mada Graha dengan masa kerja yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai: (1) Jalinan Hubungan Dalam Kelompok Informal pada karyawan Hotel Gajah Mada Graha Malang, (2)Motif bertahan karyawan dalam organisasi pada karyawan Hotel Gajah Mada Graha Malang Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitiaan studi kasus. Dengan metode ini, peneliti harus menggali informasi berkaitan dengan pembahasan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian mereduksi data dan selanjutnya di paparkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa jalinan hubungan dalam kelompok informal di Hotel Gajah Mada memiliki 3 (tiga) karakteristik, yaitu: 1) Persahabatan, 2)Rasa Memiliki dan 3) Forum alami untuk membuat keputusan dan penilaian tentang pekerjaan. Sedangkan untuk motif bertahan, porsi jalinan hubungan menempati posisi pertama. Ternyata ada beberapa motif lain karyawan bertahan bekerja dengan masa kerja yang lama. Berikut adalah urutannya: 1) Sistem kekeluargaan. Hubungan yang harmonis antar rekan kerja dan keadaan tersebut membuat karyawan nyaman dan belum ada niatan untuk pindah kerja ke tempat lain, 2)Status pegawai tetap dengan gaji UMR, 3)Sistem manajemen yang fleksibel dan 4) penanaman nilai-nilai perjalanan hidup pemilik hotel Gajah Masa Graha. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan adalah perlunya peningkatan kedekatan antar karyawan (departemen) dan manajer (officer).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32286

Actions (login required)

View Item View Item