Aflah, Maulana (2022) Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada pembelajaran jarak jauh menggunakan pendekatan conceptual problem solving pada materi termodinamika / Maulana Aflah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan pelaksanaan pembelajaran dengan moda siswa/ mahasiswa dan guru/ dosen berada pada tempat yang berbeda. PJJ merupkan keharusan untuk diterapkan sepanjang masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan internet baik secara sinkronus maupun asinkronus. Persoalan utama yang dihadapi PJJ adalah bagaimana mengelola pembelajaran agar efektivitasnya setara atau bahkan melebihi pembelajaran tatap muka. Pada riset ini telah dikembangkan PJJ yang kegiatan perkuliahannya dilaksanakan merupakan kombinasi antara sinkronus dan asinkronus dengan pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) tahapan pembelajaran mencakup opening topic discussion problem discussion presentation dan closing. PJJ diterapkan pada topik termodinamika pada perkuliahan fisika dasar di salah satu universitas di Padang. Penelitian mengenai penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah dengan latihan soal CPS pada pembelajaran tatap muka telah dilakukn Eda (2020) akan tetapi belum diterapkan pada PJJ. Oleh karena itu pnelitian ini dilakukan untuk mengetahui penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa setelah dilakukan PJJ menggunakan pendekatan CPS pada materi termodinamika. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods dengan desain embedded experimental design. Penelitian dilakukan pada mahasiswa yang menempuh perkuliahan Fisika Dasar 1 pada semester gasal 2021- 2022 dengan 40 mahasiswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah hasil pretest dan posttest serta hasil wawancara kepada mahasiswa. Instrumen tes yang digunakan yaitu tes penguasaan konsep yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan tes kemampuan pemecahan yang terdiri dari 2 soal uraian. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menghitung distribusi dan tendensi data uji t effect size dan n-gain. Sedangkan analisis kualitatif dilakukan dengan mereduksi data hingga ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep mahasiswa meningkat dengan N-Gain sebesar 0 53 (tinggi medium) dan d-effect size sebesar 1 91 (kuat). Skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah mahasiswa meningkat dengan N-Gain sebesar 0 72 (tinggi) dan d-effect size sebesar 3 75 (kuat). Perolehan ini serta wawancara yang telah dilakukan membuktikan PJJ dengan pendekatan CPS dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |