Indayani, Nunik (2024) Analisis kesalahan siswa Kelas X SMA dalam menyelesaikan soal hots persamaan eksponen dan scaffolding-nya / Nunik Indayani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan kegiatan pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam mengembangkan potensi dirinya. Matematika dalam proses pendidikan memiliki peran dalam meningkatkan sumber daya manusia karena matematika mampu mengembangkan kemampuan berpikir logis kritis dan kreatif. Ketika belajar matematika seringkali siswa mengalami kesulitan saat menyelesaikan soal sehingga menimbulkan kesalahan. Kesalahan merupakan perbuatan yang salah kekeliruan atau tidak sengaja diperbuat. Kesalahan yang dilakukan siswa perlu mendapatkan perhatian dan harus segera diatasi sehingga tidak mempengaruhi pemahaman siswa selanjutnya. Dalam penelitian ini diuraikan 4 tipe kesalahan yang dilakukan siswa SMA Hati Boarding School Probolinggo ketika menyelesaikan soal HOTS materi persamaan eksponen berdasarkan teori Brodie yaitu basic error appropriate error missing information dan partial insight. Solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi kesalahan tersebut adalah dengan melakukan scaffolding. Scaffolding merupakan bentuk bantuan yang diberikan guru kepada siswa yang secara perlahan dilepaskan ketika siswa sudah mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Teknik scaffolding yang digunakan peneliti berdasarkan strategi Roehler amp Cantlon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang terjadi ketika siswa menyelesaikan soal HOTS materi persamaan eksponen dan scaffolding-nya sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Hati Boarding School Probolinggo. Teknik pengumpulan data dengan cara tes wawancara serta perekaman gambar dan audio. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti soal tes pedoman wawancara pedoman scaffolding dan kamera. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data reduksi data triangulasi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi persamaan eksponen untuk tipe kesalahan basic error berupa siswa tidak memahami cara menyelesaikan persamaan eksponen yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan persamaan kuadrat. Tipe kesalahan appropriate error berupa siswa tidak dapat menyelesaikan bentuk persamaan eksponen meskipun sudah memahami bentuk dari persamaan eksponen contohnya . Tipe kesalahan missing information berupa siswa tidak dapat menuliskan himpunan penyelesaian sehingga jawaban tidak lengkap dan siswa tidak membaca soal dengan cermat sehingga keterangan pada soal terlewat. Tipe kesalahan partial insight berupa siswa melakukan kesalahan perhitungan dengan menuliskan sehingga jawaban akhir yang diperoleh salah. Scaffolding yang diberikan oleh peneliti kepada siswa adalah untuk mengatasi kesalahan siswa ketika menyelesaikan soal HOTS materi persamaan eksponen. Teknik scaffolding berdasarkan strategi Roehler amp Cantlon yang diberikan kepada siswa berbeda untuk setiap tipe kesalahan. Teknik scaffolding tersebut yaitu offering explanations yang digunakan peneliti pada siswa yang mengalami tipe kesalahan basic error dan appropriate error. Inviting student participation digunakan peneliti pada siswa yang mengalami tipe kesalahan basic error missing information dan partial insight. Verifying and clarifying student understandings digunakan peneliti pada siswa yang mengalami tipe kesalahan appropriate error dan partial insight. Modeling of desired behaviors digunakan peneliti pada siswa yang mengalami tipe kesalahan appropriate error dan missing information. Inviting students to contribute clues digunakan peneliti pada siswa yang mengalami tipe kesalahan basic error dan missing information. Tahapan proses scaffolding yang dilakukan oleh peneliti berjalan baik. Subjek dapat mengetahui letak kesalahannya dan menghindari kesalahan tersebut sehingga proses penelitian berjalan lancar. Saran yang dapat peneliti berikan berdasarkan penelitian ini yaitu guru dapat melakukan analisis kesalahan kepada siswa dalam menyelesaikan soal untuk mengetahui tipe kesalahan yang dilakukan dan menerapkan strategi scaffolding yang sesuai. Selain itu pada penelitian ini terdapat siswa yang masih mengalami kesalahan karena kurang cermat dalam membaca soal maupun dalam proses perhitungan sehingga guru dapat lebih mengingatkan dan membiasakan siswa untuk mengecek kembali jawaban yang sudah dituliskan. Untuk kedepannya peneliti lain juga dapat melakukan analisis untuk mengetahui jenis kesalahan siswa ketika menyelesaikan soal HOTS berdasarkan prosedur maupun teori lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322815 |
Actions (login required)
View Item |