Pengembangan perangkat pembelajaran berdiferensiasi proses berdasarkan gaya belajar siswa Kelas VII SMP / Pratama Fitri Syadidah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berdiferensiasi proses berdasarkan gaya belajar siswa Kelas VII SMP / Pratama Fitri Syadidah</p>

Syadidah, Pratama Fitri (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran berdiferensiasi proses berdasarkan gaya belajar siswa Kelas VII SMP / Pratama Fitri Syadidah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap siswa membutuhkan desain pendidikan yang sesuai untuk pengembangan potensi siswa yang beragam. Sehingga penting untuk diperhatikan dalam usaha mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa termasuk gaya belajar. Gaya belajar dapat menjadi dasar pengembangan perangkat pembelajaran berdiferensiasi khususnya pada bagian proses. Hal ini sesuai dengan pengertian gaya belajar yaitu kombinasi dari cara atau teknik yang dilakukan oleh seseorang dalam menangkap mengelola dan menganalisis suatu informasi. Oleh karena itu guru sebagai perencana pembelajaran perlu mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan gaya belajar siswa salah satunya pada pembelajaran matematika pada jenjang SMP yang bersifat abstrak. Hasil tes diagnostic mata pelajaran siswa kelas VII di awal tahun pelajaran baru belum memenuhi kriteria minimal sekolah tempat uji coba. Selain itu hasil asesmen diagnostik menunjukkan bahwa siswa memiliki gaya belajar yang beragam namun dari hasil tersebut belum ada tindak lanjut misalkan dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berdiferensiasi proses pada siswa kelas VII SMP materi persamaan linier satu variabel. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berdiferensiasi proses berdasarkan gaya belajar ini termasuk dalam peneltian pengembangan dengan Model Plomp. Model Pengembangan Plomp memiliki tiga tahapan (1) Preliminary Research (2) Prototyping Phase dan (3) (Assessment Phase). Subjek ujicoba produk adalah 33 siswa kelas VII di salah satu SMP swasta di Kabupaten Kediri untuk mengetahui respon siswa aktivitas siswa dan hasil belajar. Subjek yang digunakan untuk menilai validitas atau kelayakan poduk dilakukan oleh validator ahli selaku dosen pendidikan matematika Universitas Negeri malang. Subjek yang digunakan untuk menilai kepraktisan dilakukan oleh guru matematika sekolah tempat uji coba. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket validasi lembar observasi aktivitas dan angket respon pada guru dan siswa serta soal essay. Analisis data yang digunakan analisis validitas produk analisis kepraktisan dan analisis efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk modul ajar diperoleh skor validasi 3 50 dan skor validasi lembar kerja siswa 3 17. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka modul ajar tersebut dinyatakan sangat valid dan lembar kerja siswa dinyatakan valid. Hasil uji coba lapangan pada uji kepraktisan diperoleh dari hasil analisis data skor lembar observasi memiliki nilai rata-rata hasil observasi aktivitas guru diperoleh skor 3 57 yang masuk dalam kriteria sangat baik dan angket respon guru diperoleh nilai 3 25 yang berarti respon guru terhadap perangkat pembelajaran adalah baik. Hasil uji efektifitas menunjukkan observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata keseluruhan skor hasil observasi aktivitas siswa adalah 3 66 termasuk dalam kriteria sangat baik. Kriteria uji efektivitas berikutnya adalah skor hasil tes belajar dari 33 siswa subjek penelitian terdapat 27 siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. Terdapat 6 siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 75 sehingga persentase jumlah siswa yang dinyatakan tuntas belajar yaitu 81 8%. Ketercapaian hasil belajar siswa tersebut dapat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Selanjutnya data hasil rata-rata angket respon siswa menunjukkan bahwa hasil rata-rata respon siswa adalah 3 30. Berdasarkan kriteria angket respon hasil tersebut menunjukkan bahwa respon siswa terhadap proses pembelajaran berdifernsiasi ini adalah baik. Berdasarkan ulasan tersebut maka sampai pada tahapan uji coba lapangan produk pengembangan perangkat pembelajaran berdiferensiasi proses berdasarkan gaya belajar siswa kelas VII SMP dinyatakan valid praktis dan efektif. Peneliti memberikan saran pemanfataan dan pengembangan lebih lanjut yaitu perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat dipertimbangkan untuk digunakan pada kelas yang memiliki kesamaan dengan kelas uji coba yaitu gaya belajar yang beragam. Perangkat pembelajaran ini sebaiknya digunakan secara bersamaan tidak terpisah antara modul ajar dan lembar kerja siswa. Peneliti berharap dapat melakukan pengembangan lebih lanjut dengan mengintegrasikan produk ini pada teknologi digital yang dapat diakses di laptop dan smartphone. Selain itu berdasarkan hasil temuan saat uji coba lapangan peneliti selanjutnya dapat lebih memperhatikan dan memperhitungkan alokasi waktu pada modul ajar. Hal tersebut bertujuan agar proses pembelajaran berjalan lebih lancar. Selain itu pengembangan ini dapat diperluas pada pengembangan dengan materi lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322813

Actions (login required)

View Item View Item