Kholisah, Siti (2024) Pengembangan e-modul interaktif yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi berdasar gaya belajar pada materi SPLTV/ Siti Kholisah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Kholisah Siti. 2024. Pengembangan E-Modul Interaktif yang Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Materi SPLTV. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Abd. Qohar M.T (2) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci E-Modul Interaktif Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar. Siswa memiliki kemampuan pengalaman dan kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Diperlukan pendekatan yang tepat dalam mengatasi perbedaan tersebut. Jika pendekatan yang diberikan kurang tepat maka akan terjadi ketimpangan terhadap hasil belajarnya. Hal ini disebabkan setiap siswa memiliki kelebihan dan kecenderungan yang berbeda dalam menjalani proses belajarnya. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan dalam menghadapi siswa yang beragam adalah pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi dapat mengakomodasi kebutuhan belajar siswa baik dari segi kesiapan minat dan profil belajar siswa. Keragaman akan gaya belajar siswa menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan guru dalam menyesuaikan proses pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan guru sebagian besar masih menggunakan buku yang tersedia di perpustakaan sekolah LKS yang dibeli e-modul dan e-book yang disediakan pemerintah dan bahan presentasi berupa power point yang dibuat oleh guru. Sehingga bahan ajar yang digunakan kurang menarik belum memenuhi kebutuhan siswa dalam pembelajaran dan belum memaksimalkan perkembangan teknologi. E-modul adalah salah satu bahan ajar yang disusun secara sistematis berbentuk elektronik yang pembuatan dan penggunaannya memanfaatkan teknologi terkini. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan proses dan hasil pengembangan e-modul interaktif yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi berdasar gaya belajar pada materi SPLTV dan mengukur validitas kepraktisan dan efektifitasnya. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas X SMAN 4 Penajam Paser Utara yang dipilih dengan metode purposive sampling. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang melalui 5 tahap yaitu Analysis (analisis) Design (desain) Development (pengembangan) Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Proses pengembangan e-modul interaktif diawali dengan tahap analisis yaitu menganalisis perihal yang dijadikan dasar dalam mendesain dan mengembangkan e-modul. Analisis yang dilakukan adalah potensi dan masalah kurikulum terkait materi pembelajaran serta analisis kebutuhan siswa akan diferensiasi gaya belajar. Tahap selanjutnya desain pada tahap ini dilakukan merancang e-modul interaktif yang dihasilkan diantaranya mendesain e-modul sesuai kebutuhan pembuatan diagram alir untuk membantu desain struktur navigasi e-modul dan perancangan instrumen penilaian e-modul interaktif untuk menilai validitas praktikalitas serta efektifitas. Setelah tahap desain dilanjutkan dengan tahap pengembangan. Pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan e-modul interaktif sesuai desain yang telah dibuat sebelumnya. Tahap selanjutnya implementasi yaitu dilakukan uji coba penggunaan e-modul interaktif baik skala kecil maupun skala besar di SMAN 4 Penajam Paser Utara. Tahap evaluasi merupakan kegiatan yang dilakukan setiap akhir dari tahapan penelitian dan pengembangan model ADDIE sehingga kesalahan dapat diminimalisir sehingga menghasilkan e-modul interaktif yang baik. Validitas e-modul dilakukan oleh dosen sebagai ahli dan guru sebagai praktisi. Hasil penilaian validator diperoleh bahwa e-modul interaktif yang dikembangkan masuk dalam kriteria sangat valid dengan persentase nilai skor 88 75%. Selanjutnya uji coba e-modul dilakukan untuk mengetahui keprkatisan dan keefektifan e-modul yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil angket respon siswa dan hasil angket respon guru diperoleh hasil e-modul berkriteria praktis dengan perolehan persentase nilai skor rata-rata 75 62% dan 96 97%. Sedangkan dari hasil tes evaluasi diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 73 33% yang berarti e-modul efektif digunakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi berdasar gaya belajar pada materi SPLTV yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Adapan saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya diantaranya yaitu dapat mendesain e-modul yang lebih interaktif dan menambahkan fitur lain guna memfasilitasi diferensiasi dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322812 |
Actions (login required)
View Item |