Pengembangan media pembelajaran berbasis games yang mendukung literasi matematis siswa / Melati Khoirunnisya\'</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis games yang mendukung literasi matematis siswa / Melati Khoirunnisya\'</p>

Khoirunnisya', Melati (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis games yang mendukung literasi matematis siswa / Melati Khoirunnisya\'</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi matematis adalah salah satu kecakapan inti yang harus dimiliki siswa. Kemampuan tersebut tidak hanya mengenai kemampuan dalam memecahkan masalah matematika tetapi individu yang memiliki literasi matematis mengetahui peran matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan melakukan penalaran secara matematis. Oleh sebab itu literasi matematis sangat penting agar siswa dapat menghadapi tantangan di masa depan. Namun hasil PISA 2018 melaporkan bahwa Indonesia memperoleh skor sebesar 379 dari rata-rata 489 di bidang matematika. Kondisi tersebut menunjukkan literasi matematis siswa di Indonesia masih rendah. Hasil wawancara peneliti dengan guru matematika di salah satu SMP di Malang menunjukkan bahwa guru masih menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru dalam mengajar. Selain itu guru juga belum pernah menggunakan media pembelajaran sehingga siswa masih kesulitan dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Pada kerangka kerja PISA 2022 menyebutkan bahwa aspek penting dalam literasi matematis adalah kemampuan pemecahan masalah dan penalaran. Berdasarkan penelitian terdahulu kedua aspek tersebut dapat dilatih melalui media games. Games dapat melatih siswa menggunakan kemampuannya dalam menghubungkan ide-ide matematis membuat dugaan menyusun strategi dan menerapkannya serta mengevaluasi dan berargumen. Oleh sebab itu peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis games yang mendukung literasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis games yang mendukung literasi matematis siswa. Games pada media dirancang dengan 3 level yang mendukung setiap indikator literasi matematis sehingga media ini dapat membantu siswa mengembangkan kemampuannya dalam merumuskan masalah menggunakan matematika untuk memecahkan masalah dan mengevaluasi serta menginterpretasi solusi yang didapatkan. Pengembangan media pembelajaran berbasis games yang mendukung literasi matematis siswa menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian yang diperoleh adalah media pembelajaran berbasis games yang mendukung literasi matematis siswa dinyatakan ldquo sangat valid rdquo dengan skor rata-rata validitas sebesar 3 5. Rata-rata kepraktisan berdasarkan angket respon guru adalah 3 56 dengan kriteria ldquo sangat praktis rdquo . Rata-rata kepraktisan berdasarkan angket respon siswa adalah 3 01 dengan kriteria ldquo praktis rdquo . Kemudian setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan sebanyak 22 siswa memiliki literasi matematis di level Mahir 2 siswa di level Cakap 1 siswa di level Dasar dan 4 siswa di level PIK. Persentase klasikal yang diperoleh dari hasil tes literasi matematis adalah 75 86%. Dengan demikian media pembelajaran berbasis games ini dinyatakan valid praktis dan efektif untuk mendukung literasi matematis siswa. Games yang dirancang terdiri dari 3 level. Level 1 mendukung kemampuan siswa pada indikator merumuskan masalah kontekstual menjadi model matematis. Level 2 mendukung kemampuan pada indikator menggunakan konsep fakta prinsip dan prosedur matematika untuk memecahkan masalah serta indikator evaluasi dan interpretasi solusi matematis ke konteks nyata. Level 3 membantu siswa mengembangkan kemampuannya untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks pada indikator formulate employ dan evaluate and interpret. Uji efektivitas pada penelitian ini hanya menguji media berdasarkan hasil tes siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis games. Oleh sebab itu pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji efektivitas media lebih dalam dengan dukungan data kualitatif terkait bagaimana media pembelajaran berbasis games dapat mendukung setiap indikator pada literasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322811

Actions (login required)

View Item View Item