Janah, Miftakul (2024) Analisis buku teks SMP kelas VIII kaitannya dengan tuntutan keterampilan abad 21 (karakter, berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikatif, kolaboratif) / Miftakul Janah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan abad 21 membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan tersebut berkaitan erat dalam lingkup pembelajaran. Sehingga dalam hal ini sumber daya manusia yang dimaksud adalah setiap elemen dalam sekolah khususnya pada siswa. Buku teks merupakan sumber belajar yang sering digunakan dalam proses pembelajaran. Buku teks seharusnya sesuai dengan perkembangan intelektual siswa dan tujuan pembelajaran yang termuat dalam kurikulum pendidikan. Kesesuaian tersebut dapat meliputi beberapa hal yaitu berpedoman pada pengetahuan dan pengalaman siswa berpedoman pada kebutuhan siswa berpedoman pada pola pikir siswa berpedoman pada kemungkinan daya responsif siswa serta berpedoman pada kemampuan bahasa siswa. Akan tetapi pada kenyatannya buku teks yang ada masih menimbulkan kesukaran siswa dalam memahami materi. Beberapa materi dalam buku teks belum tersusun secara runtut yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami konsep. Di samping itu beberapa aktivitas dalam buku teks belum mampu memunculkan kecakapan-kecakapan yang sesuai dengan tuntutan abad 21. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian buku teks pada keruntutan materi berdasarkan teori van Hiele dan kesesuaian keterampilan 4C yang termuat. Jenis pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu mendiskripsikan kesesuaian buku teks dengan teori van Hiele dan keterampilan 4C. Sumber data pada penelitian ini adalah buku teks Matematika siswa kelas VIII SMP kurikulum 2013 pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Metode yang digunakan adalah analisis isi atau Content analysis. Kesesuaian yang dianalisis meliputi kesesuaian isi dengan runtutan level pada teori van Hiele dan kesesuaian isi terhadap keterampilan 4C (berpikir kritis berpikir kreatif komunikasi dan kolaborasi). Analisis dilakukan dengan melihat ketermuatan tiap indikator dalam buku teks yaitu jika aktivitas yang mendukung indikator belum termuat dalam buku teks maka diberikan alternatif solusi berdasarkan kecakapan peneliti. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat materi dalam buku yang belum tersusun secara urut. Selain itu terdapat juga beberapa aktivitas penunjang keterampilan 4C yang belum termuat dalam buku. Kemudian dilakukan uji coba pada pembelajaran geometri di SMP Qur rsquo an Bahrusysifa rsquo Lumajang yang sesuai dengan buku teks dan alternatif solusi dari peneliti. Hasil yang diperoleh adalah siswa lebih mudah memahami konsep bangun ruang apabila materi disusun secara runtut. Selain itu siswa juga belum mampu memunculkan keterampilan 4C terhadap materi tersebut. Sehingga aktivitas yang dapat menunjang keterampilan 4C siswa juga perlu ditambahkan. Karena pengetahuan akan hal itu memiliki peran penting dalam memahami konsep bangun ruang. Selain itu aktivitas yang ditambahkan dapat juga membantu guru untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa. Dengan demikian alternatif solusi dari peneliti dapat dipertimbangan untuk dijadikan rujukan dalam membelajarkan materi bangun ruang yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322807 |
Actions (login required)
View Item |