Pengembangan penugasan berbasis open-ended mathematics problems sebagai asesmen kreativitas matematis peserta didik Kelas vii / Abigail Christina Mulia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan penugasan berbasis open-ended mathematics problems sebagai asesmen kreativitas matematis peserta didik Kelas vii / Abigail Christina Mulia</p>

Mulia, Abigail Christina Mulia (2024) Pengembangan penugasan berbasis open-ended mathematics problems sebagai asesmen kreativitas matematis peserta didik Kelas vii / Abigail Christina Mulia</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kreativitas matematis merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki peserta didik. Pada penerapan Kurikulum Merdeka pengembangan kreativitas menjadi salah satu Profil Pelajar Pancasila. Dengan demikian pengembangan kreativitas menjadi salah satu fokus dalam pencapaian tujuan pendidikan masa kini. Salah satu stimulan tumbuhnya kreativitas matematis adalah dengan memberikan tugas-tugas yang mendukung kreativitas. Tugas-tugas yang mendukung kreativitas matematis biasanya berbentuk open-ended mathematics problems. Namun berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada guru matematika di SMP tempat penelitian selama penerapan Kurikulum Merdeka hingga penelitian ini dilaksanakan guru belum pernah memberikan penugasan sebagai asesmen kreativitas matematis peserta didik. Oleh sebab itu pengembangan penugasan berbasis open-ended mathematics problems sebagai asesmen kreativitas matematis perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mendeskripsikan proses pengembangan penugasan berbasis open-ended mathematics problems yang valid praktis dan efektif. Tahapan penelitian diadaptasi dari desain penelitian dan pengembangan Plomp. Tahapan penelitian terdiri dari tiga fase yaitu investigasi tahap awal (preliminary research) fase perancangan (prototyping phase) dan fase asesmen (assessment phase). Pada investigasi tahap awal dilakukan kajian terhadap literatur dan penelitian terdahulu analisis kebutuhan analisis peserta didik analisis kurikulum dan pembelajaran serta spesifikasi kompetensi. Pada tahap perancangan dilakukan penyusunan penugasan berbasis open-ended mathematics problems sebagai asesmen kreativitas. Penugasan terdiri dari proyek kelompok berbasis berbasis open-ended mathematics problems latihan soal berbasis open-ended mathematics problems serta penilaian diri terhadap penugasan berbasis open-ended mathematics problems. Penugasan yang telah dirancang kemudian divalidasi oleh dosen ahli materi dan praktisi. Pada tahap asesmen dilakukan uji coba untuk mengukur tingkat kepraktisan dan efektivitas penugasan berbasis open-ended mathematics problems sebagai asesmen kreativitas matematis peserta didik kelas VII. Subjek uji coba adalah tiga puluh dua peserta didik di kelas 6E-1 tahun ajaran 2023/2024. Dari tiga puluh dua peserta didik dipilih subjek analisis yaitu sepuluh peserta didik untuk dilakukan wawancara dengan tujuan untuk memperdalam analisa data. Pemilihan sepuluh subjek analisis dilakukan berdasarkan pemilihan dua peserta didik pada lima level kreativitas oleh Siswono. Instrumen pengumpulan menggunakan lembar validasi angket respons guru sebagai pengguna angket respons peserta didik lembar observasi kegiatan guru dan peserta didik selama penugasan berlangsung serta pedoman wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas uji kepraktisan dan uji efektivitas. Berdasarkan hasil uji validitas diperoleh data bahwa penugasan berbasis open-ended mathematics problems memenuhi kriteria valid. Instrumen pendukung yang meliputi angket respons guru angket respons siswa lembar observasi kegiatan guru dan peserta didik selama penugasan berlangsung juga memenuhi kriteria valid. Berdasarkan uji kepraktisan pada fase asesmen dengan sumber data angket respons guru dan lembar observasi kegiatan guru diperoleh hasil bahwa penugasan berbasis open-ended mathematics problems memenuhi tingkat kepraktisan sangat tinggi. Hasil uji efektivitas dengan sumber data angket respons guru angket respons peserta didik dan wawancara pada subjek analisis menunjukkan bahwa penugasan berbasis open-ended mathematics problems memiliki tingkat efektivitas sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penugasan berbasis open-ended mathematics problems sebagai asesmen kreativitas matematis yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif untuk digunakan pada peserta didik kelas VII di SMP tempat penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322806

Actions (login required)

View Item View Item