Putri, Reni Albertin (2024) Pemahaman matematis siswa pada pembelajaran menggunakan LKPD berbasis pirie kieren / Reni Albertin Putri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi kenaikan pemahaman matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD berbasis Pirie Kieren serta mendeskripsikan pemahaman matematis siswa sebelum selama dan sesudah pembelajaran. Pemahaman matematis siswa dianalisis dengan mengacu pada kriteria setiap lapisan pertumbuhan pemahaman matematis Pirie Kieren. Analisis pemahaman matematis siswa selama pembelajaran didasarkan pada hasil pekerjaan di masing-masing penugasan yang termuat pada LKPD. Sementara itu perubahan pemahaman matematis siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran dianalisis berdasarkan perubahan lapisan pemahaman matematis pada masing-masing indikator pemahaman matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantilatif atau penelitian campuran (mixed methods) dengan jenis penelitian mixed methods explanatory sequential (eksplanatori terurut). Terdapat tiga prosedur yang dilalui yaitu persiapan fase kuantitatif dan fase kualitatif. Pada fase kuantitatif peneliti mengambil populasi siswa kelas X SMAN Negeri 08 Malang. Berdasarkan beberapa kelas yang ada peneliti memilih secara acak satu kelas sebagai sampel. Sedangkan pada fase kualitatif peneliti memilih beberapa subjek dari sampel yang ada menggunakan teknik purposive sampling. Acuan pemilihan subjek didasarkan pada perwakilan kelompok siswa dengan perubahan pemahaman nilai pretest dan posttest tinggi sedang dan rendah. Data penelitian yang digunakan meliputi nilai pretest dan posttest jawaban pada pretest posttest LKPD rekaman wawancara catatan lapangan serta lembar observasi pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan (1) pembelajaran menggunakan LKPD berbasis Pirie Kieren secara efektif dapat membantu meningkatkan pemahaman matematis siswa ditunjukkan dengan diperolehnya P-Value pada uji t-independent sampels antara nilai pretest amp posttest (2) mengacu pada hasil pengerjaan siswa pada masing-masing langkah penugasan diperoleh hasil deskripsi pemahaman matematis siswa selama pembelajaran yaitu pada penugasan primitive knowing siswa masih membutuhkan penguatan terhadap materi prasyarat pada penugasan observing siswa secara umum dapat menyelesaikan dengan baik meskipun beberapa siswa mengalami kendala dalam proses hitung yang dilakukan pada penugasan inventising siswa mengalami kendala dalam menuliskan pertanyaan baru yang dapat memunculkan konsep baru sementara itu pada penugasan image making image having property noticing formalising dan structuring siswa dapat mengerjakan dengan baik melalui diskusi kelompok yang dilakukan (3) mengacu pada kelima indikator pemahaman matematis diperoleh hasil deskripsi perubahan pemahaman matematis siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran yaitu terjadi perubahan pemahaman siswa dari lapisan image making ke formalising dan dari lapisan image having ke observing untuk indikator menyatakan ulang konsep serta menentukan contoh dan bukan contoh terjadi perubahan yang mampu mendorong siswa dengan lapisan pemahaman awal yang berbeda-beda dapat mencapai lapisan structuring untuk indikator mengaitkan antar konsep siswa belum memiliki perubahan yang signifikan pada lapisan pemahamannya untuk indikator mengubah konsep ke representasi lain terjadi perubahan yang beragam pada lapisan pemahaman matematis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran untuk indikator menerapkan prosedur dengan akurat dan efisien. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis Pirie Kieren dapat mengembangkan pemahaman matematis siswa dengan baik. Fakta tersebut didukung hasil uji statistik dan deskripsi perubahan pemahaman matematis siswa. Kondisi ini didukung dengan keberhasilan siswa dalam mengonstruksi pemahaman matematis mereka melalui penugasan yang termuat pada LKPD. Meskipun demikian pemahaman matematis siswa akan bertumbuh lebih maksimal apabila kemampuan hitung dan penguasaan materi prasyarat siswa dapat terpenuhi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322805 |
Actions (login required)
View Item |