Irianto, Savitri Oktavia (2024) Analisis literasi statistik siswa SMP dalam penyelesaian soal matematika tipe hots ditinjau dari gaya belajar / Savitri Oktavia Irianto</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Literasi statistik adalah kemampuan siswa untuk membaca memahami menganalisis menginterpretasi menyajikan dan mengomunikasikan pengolahan data yang berbentuk tabel diagram batang dan diagram garis. Di era digital ini siswa perlu memiliki kemampuan literasi statistik yang memadai supaya dapat mengambil keputusan yang lebih baik terhindar dari hoaks meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan dapat menyajikan dan menganalisis data dengan baik. Soal tipe HOTS adalah instrumen untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi yang memerlukan pemikiran kritis dan analisis mendalam. Perkembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sangat erat kaitannya dengan gaya belajar siswa itu sendiri. Gaya belajar merupakan cara-cara yang biasa digunakan siswa untuk dapat lebih mudah memahami pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis literasi statistik siswa SMP dalam penyelesaian soal matematika tipe HOTS ditinjau dari gaya belajar visual auditori dan kinestetik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini akan dilakukan di SMP Negeri 2 Malang. Waktu penelitian dilaksanakan pada akhir semester ganjil tahun ajaran 2023-2024. Subjek penelitian sebanyak 6 subjek yang terdiri dari 2 subjek dengan gaya belajar visual 2 subjek dengan gaya belajar auditori dan 2 subjek dengan gaya belajar kinestetik. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil tes literasi statistik hasil wawancara subjek terpilih hasil angket gaya belajar. Analisis data penelitian dilakukan dengan mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah subjek visual dengan literasi statistik tinggi mampu mengerjakan semua soal matematika tipe HOTS dan menjawab pertanyaan wawancara dengan baik pada semua indikator literasi statistik. Subjek auditori dengan literasi statistik sedang mampu mengerjakan soal matematika tipe HOTS dan menjawab pertanyaan wawancara pada indikator literasi statistik memahami konsep statistika menginterpretasikan data dan menyajikan data. Subjek kinestetik dengan literasi statistik tinggi mampu mengerjakan soal matematika tipe HOTS dan menjawab pertanyaan wawancara pada indikator literasi statistik memahami konsep statistika menginterpretasikan data dan mengkomunikasikan proses pengolahan data. Subjek visual auditori dan kinestetik dengan literasi statistik rendah belum mampu mengerjakan soal matematika tipe HOTS dan menjawab pertanyaan wawancara pada semua indikator literasi statistik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu subjek visual auditori dan kinestetik dengan literasi statistik sedang hingga tinggi mampu memenuhi minimal 3 indikator literasi statistik dalam mengerjakan soal matematika tipe HOTS dan subjek dengan literasi statistik rendah belum mampu memenuhi semua indikator literasi statistik dalam mengerjakan soal matematika tipe HOTS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322804 |
Actions (login required)
View Item |