Fatah, Zakiyah (2024) Pengembangan e-modul pembelajaran matematika berbasis hots pada materi spldv / Zakiyah Fatah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Matematika memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi dan kemampuan berpikir manusia. Pembelajaran matematika dimulai dari konkret ke abstrak dari masalah-masalah mudah kemudian masalah-masalah sulit untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Oleh karena itu diharapkan setiap orang dapat mempunyai kemampuan matematika yang baik sehingga dapat mengatasi tantangan masa depan dalam persaingan global dan membuat keputusan dengan bijak dalam pemecahan masalah sehari-hari. Pemecahan masalah menjadi kunci dalam pembelajaran matematika sebagai fokus untuk menggali pengetahuan berpikir logis dan menyelesaikan masalah tidak rutin serta lebih kompleks. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pendidikan Indonesia masih harus mempersiapkan diri dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat pada abad 21. Hal ini terlihat dari fakta Indonesia menduduki peringkat ke-45 dan 48 negara yang berpartisipasi pada TIMSS dan peringkat ke-64 dari 72 negara yang berpartisipasi pada PISA tahun 2015. Hal tersebut dapat diatasi dengan memfasilitasi pembelajaran yang diadakan di sekolah pada siswa dengan HOTS (Higher Order Thinking Skills). HOTS (Higher Order Thinking Skills) adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang melibatkan pemikiran kritis dan kreatif. HOTS memfokuskan pada tiga tingkatan yang mengacu dalam tingkatan Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Anderson dan Krathwohl yaitu analisis (C4) evaluasi (C5) dan mencipta (C6) sehingga siswa dapat menerapkannya dalam situasi yang baru dan dapat dilatih melalui akses belajar yang disediakan di sekolah. Akses belajar menjadi perhatian yang cukup penting dalam pendidikan seiring dengan kemajuan pengetahuan dan teknologi. Salah satunya adalah bahan ajar dan media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu pembelajaran dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan teknologi pada abad 21. Modul eletronik (e-modul) dapat mendukung proses pembelajaran matematika dengan baik hal ini dikarenakan e-modul sebagai bahan ajar interaktif pada tahap pembelajaran berdasarkan masalah dapat mengorientasikan siswa pada masalah siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta mengevaluasi pemecahan masalah sehingga dapat melatih kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada level HOTS dengan optimal. E-modul memiliki keunggulan yaitu dapat menyertakan berbagai media audio media visual dan media audio visual dan menyediakan tes formatif. Salah satu materi krusial dalam pembelajaran matematika adalah SPLDV yang mencakup standar proses matematika. Di salah satu sekolah di kota Malang kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pada level HOTS masih di bawah rata-rata terutama pada materi SPLDV. Guru cenderung memberikan masalah matematika pada level rendah sehingga mengurangi daya tantang bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran matematika berbasis HOTS pada materi SPLDV kelas VIII yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan matematika. dengan model ADDIE. Pengembangan e-modul matematika berbasis HOTS pada materi SPLDV yang telah dikembangkan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif berdasarkan hasil interpretasi kriteria penilaian yang ditentukan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah bahan ajar interaktif untuk pembelajaran matematika berupa e-modul matematika berbasis HOTS pada materi SPLDV untuk kelas 8 SMP. Tahapan penelitian Pengembangan pada model ADDIE yaitu (1) Analisis (Analysis) (2) Desain (Design) (3) Pengembangan (Development) (4) Implementasi (Implementation) dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Taman Siswa Kota Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi lembar validasi ahli media angket respon guru angket respon siswa dan soal tes. Data kevalidan diperoleh dari hasil penilaian oleh validator data kepraktisan diperoleh dari hasil penilaian oleh guru dan siswa dan data keefektifan diperoleh dari hasil penilaian soal tes evaluasi oleh siswa yang dilaksanakan setelah penggunaan e-modul matematika berbasis HOTS pada materi SPLDV. Hasil pengembangan menunjukkan berdasarkan uji validitas oleh ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata nilai validitas sebesar dimana termasuk kriteria sangat valid. Hal ini dapat dinyatakan bahwa e-modul matematika berbasis HOTS pada materi SPLDV sangat layak digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil uji kepraktisan yang dilakukan menggunakan angket respon terhadap guru dan siswa diperoleh rata-rata nilai dimana termasuk dalam kriteria sangat praktis. Hal ini dapat dinyatakan bahwa e-modul matematika berbasis HOTS pada materi SPLDV mampu memberikan kemudahan proses pembelajaran SPLDV sehingga praktis untuk digunakan. Adapun komentar yang diberikan diperoleh bahwa semua komentar tersebut komentar positif. Hal ini dapat dinyatakan mendukung hasil rata-rata yang diperoleh sehingga dapat memperkuat pernyataan bahwa e-modul matematika berbasis HOTS pada materi SPLDV praktis untuk digunakan. Sedangkan berdasarkan hasil uji keefektifan yang dilakukan menggunakan soal tes evaluasi terhadap siswa diperoleh bahwa terdapat 21 dari 24 siswa tuntas berdasarkan kriteria keefektifan e-modul maka diperoleh rata-rata nilai dimana termasuk dalam kriteria efektif. Hal ini dapat dinyatakan bahwa e-modul matematika berbasis HOTS pada materi SPLDV efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322800 |
Actions (login required)
View Item |