Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Bakso Cak Kar Wong Singosari Malang) / Farah Adhanin Putri

Putri, Farah Adhanin (2018) Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Bakso Cak Kar Wong Singosari Malang) / Farah Adhanin Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri, Farah Adhanin. 2018. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Bakso Cak Kar Wong Singosari Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si. Kata Kunci: kualitas produk, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang kuliner untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dengan cara melakukan inovasi di produk yang ditawarkannya. Setelah kualitas produk meningkat maka kepuasan pelanggan akan bertambah pula dan hal tersebut bisa dikaitkan dengan loyalitas. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas produk (X), loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat (Y) dan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Z). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi kualitas produk, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan; (2) Besarnya pengaruh langsung kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan; (3) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini pelanggan yang telah melakukan pembelian lebih dari dua kali di Bakso Cak Kar Wong Singosari Malang. Sampel diperoleh dengan teknik perhitungan rumus Daniel & Terrel, dan diperoleh sebanyak 138 responden. Pengolahan data penelitian ini menggunakan analisis path dengan program IBM SPSS 16. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kondisi variabel kualitas produk, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pada pelanggan Bakso Cak Kar Wong Singosari sudah dapat dikatakan baik; (2) kualitas produk berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (3) kualitas produk berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap kepuasan pelanggan melalui loyalitas pelanggan. Saran yang dapat diajukan kepada Bakso Cak Kar Wong Singosari Malang: (1) untuk lebih meningkatkan kualitas produk khususnya indikator yang memiliki skor rata-rata rendah; (2) lebih inovatif dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32280

Actions (login required)

View Item View Item